Sedekah Bumi di Desa Sumbersuko


Kades Sumbersoko
Probolinggo, SMN
Tradisi dan kepercayaan yang sangat langkah yaitu sedekah bumi yang dilakukan di desa Sumbersuko Kec. Dringu Kab. Probolinggo ini digelar dengan hikmat dan mendapat sambutan yang sangat meriah. Dan diantara ini digelar selama tiga (3) hari tiga (3) malam.
Ritual sedekah bumi
Golongan masyarakat yang mempertahankan budaya yang sudah turun-temurun ini. Acara sedekah bumi ini menurut sesepuh masyarakat Desa Sumbersuko sudah berjalan sejak lama dan dipercaya sebagai tolak-balak dan sebagai menyambut rasa syukur atas berlimpahnya hasil panen di daerah tersebut. Kesejahteraan bagi warga Sumbersuko pada khususnya dan daerah sekitarnya pada umumnya. Disamping acara do’a-do’a dan persembahan sesaji disini pula digelar serangkaian acara yaitu sunatan masal yang diikuti oleh anak-anak yang kurang mampu di desa setempat dan desa tetangga juga ada pergelaran ketoprak dan ditutup dengan hiburan konser dangdut lokal. Hadiah ini di peruntukan bagi masyarakat pemenang hadiah, sedang hadiah ini diperuntukkan bagi masyarakat pemenang lomba arak-arakan manten sunatan yang diarakan dengan menaiki kuda yang telah dihiasi sedemikian menambah semarak suasana pesta rakyat ini. Sedang hadiah-hadiah yang disiapkan oleh panitia berupa barang-barang elektronik yaitu kulkas, TV dan kipas angin.
Tasyakuran sedekah bumi
Tentang pendanaan menurut Kepala Desa Sumbersuko Bapak Hasan kepada tiem menjelaskan “Dana untuk acara ini murni dari pribadi saya kira-kira besaran dana yang sudah dihancurkan lebih kurang Rp. 45.000.000,- “Ini aja kemarin uang yang di anggarkan ibu kades sudah 45 juta bisa juga lebih dari itu” Jelaskan pula.
Dan harapan Pak Hasan selaku Kepala Desa agar tradisi ini jangan sampai ditinggalkan dan kalau bisa dilestarikan sampai kapanpun. Karena acara ini juga sampai mempertahankan budaya rakyat maka diharapkan juga instansi pemerintah terkait juga ikut terlibat, dan mungkin bisa menjadi Objek Wisata Budaya di Kabupaten Probolinggo. (MHO)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sedekah Bumi di Desa Sumbersuko"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA