Bupati Suyanto Canangkan Penanaman Satu Milyar Pohon di Kepuhrejo Kudu

Bupati jombang saat tanam pohon
Jombang, SMN
Upaya menumbuhkan budaya menanam di masyarakat telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang, melalui program-program penanaman. Tercatat program yang telah dilaksanakan antara lain yakni program seperti Aksi Penanaman Serentak Indonesia (tahun 2007 dan 2008), Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (tahun 2007), Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (tahun 2008), serta Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree - tahun 2009).
Dan kini ditahun 2010 pemkab Jombang melaksanakan  program Penanaman Satu Milyariar Pohon dengan motto "Satu Miliar Pohon Indonesia untuk Dunia" atau "One Billion Indonesian Trees for the World".  Pencanangan  program Penanaman 1 Miliar Pohon Tahun 2010 ini dilakukan di desa Kepuhrejo Kudu pada Rabu, 1 Desember 2010 . Lokasi pencanangan berada disekitar embung Kepuhrejo, Kudu. Sebanyak 2 juta bibit pohon dari berbagai jenis seperti jati, mahoni, sengon, kepuh, matoa juga bibit beringin.
Sebagai apresiasi atas keseriusan  dan keberhasilan pemerintah Kabupaten Jombang dalam melaksanakan program penghijauan, pada Senin 29 Nopember 2010  Bupati Suyanto telah menerima penghargaan dari Program Menuju Indonesia Hijau yakni  Trophy Raksaniata dari pemerintah Pusat.
 “Hanya 2 Kabupaten dipulau Jawa  yang menerima trophy Raksaniata ini, jadi  Kabupaten Jombang berhasil meningkatkan luasan daerah hijaunya dengan berhasil mempertahankan penutupan hutan dan memulihkan kerusakan lingkungan hidup”, tutur Bupati Suyanto pada acara penanaman 1milyar pohon.
Disampaikan Bupati Suyanto ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh masyarakat kabupaten Jombang atas penghargaan tersebut. “Upaya ini tidak lepas dari peran seluruh elemen masyarakat khususnya masyarakat sekitar hutan dan para pemerhati lingkungan”, tandas Bupati.
Bupati Suyanto juga mengajak masyarakat untuk segera bergerak membuat lubang-lubang Barokah (biopori)  dengan ukuran diameter 1x1 dengan kedalaman 1 meter untuk menyelamatkan lingkungan hutan dari ancaman bencana yang ditimbulkan.
Hadir pada pencanangan penanaman satu miliar pohon tersebut yakni Komandan Korem 082 Kol Cacuk Sumantri yang juga mengatasnamakan sebagaia Kelompok Pelestarai Sumber Daya Alam, Bupati Jombang Drs. H. Suyanto MMA, Wabup. Widjono Suparno,  Muspida beserta ibu-ibu pejabat dilingkup pemkab Jombang.
Komandan Korem Cucuk Sumantri  menyampaikan akan siap mendukung gerakan penghijauan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Jombang,  “Prajurit kita siap untuk melaksanakan tugas yang bertujuan baik untuk mensejahterakan masyarakat, apalagiuntuk penyelamatan hutan”, tutur Kol. Cacuk Sumantri.
Dalam acara  penanaman satu miliar pohon pagi itu juga disertai tebar benih ikan Nila dan  belut di embung Kepuhrejo,Kecamatan Kudu. Diserahkan pula oleh Bupati Suyanto bibit pohon kepada kepala desa Kepuhrejo,  Handtractor, serta bantuan pupuk kepada Gapoktan Rayung. (Ji/Ar)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bupati Suyanto Canangkan Penanaman Satu Milyar Pohon di Kepuhrejo Kudu"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA