Rencanakan Pemberlakuan Kuota Pada PSB 2011/2012

Blitar Kota, SMN
Pada penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran baru mendatang, Pemerintah Kota Blitar berencana akan membatasi siswa baru dari luar kota Blitar seperti dari Kabupaten Blitar dengan perbandingan 80:20, 80% untuk siswa asal kota Blitar dan 20% untuk siswa asal kabupaten Blitar.
Hal itu diungkapkan Muhammad Samanhudi Anwar, SH, Walikota Blitar, yang mengatakan bahwa saat ini sejumlah lembaga sekolah negeri di Kota Blitar banyak yang keluar dari komitmen sebelumnya terhadap pemberian kuota siswa Kota dan Kabupaten Blitar.
Hal itu terlihat dari program pembagian seragam gratis yang dikeluhkan sejumlah lembaga sekolah karena jumlah siswanya justru di dominasi warga kabupaten Blitar yang mencapai sekitar 80%.
Untuk itu pada penerimaan siswa baru tahun mendatang, pihaknya akan membatasi penerimaan siswa baru itu dan hanya memberi porsi 20% bagi siswa kabupaten atau luar kota yang akan sekolah di Kota Blitar. Sementara itu pihaknya juga akan mengusahakan agar siswa Kota Blitar diterima di lembaga sekolah negeri mulai tingkat SD hingga SMA bahkan pihaknya juga akan membangun SMAN 4 untuk mewadahi mereka.
Rencana Walikota Blitar tersebut mendapat kritikan dari wakil ketua DPRD Kota Blitar, Saiful Ma’arif. Menurutnya ketika walikota membuat program wajib belajar 9 tahun maka pemerintah berkewajiban menyediakan sarana sekolah dan tidak perlu membatasi masuknya siswa kabupaten yang sekolah di Kota Blitar.
Berbeda halnya dengan Heru Sunaryanta, wakil ketua DPRD Kota Blitar dari partai demokrat yang mengatakan bahwa demi mencerdaskan siswa di Kota Blitar, pemerintah perlu memprioritaskan mereka untuk mendapatkan sekolah negeri, sementara jika ada sisa kuota, baru diberikan pada siswa dari luar Kota Blitar. (win)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Rencanakan Pemberlakuan Kuota Pada PSB 2011/2012"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA