Peningkatan Kesejahteraan Perekonomian Keluarga Berbasis Sumber Daya (Peternakan)


Foto bersama peserta KKN
Kediri, SMN
Sesuai program pemerintah salah satunya mahasiswa mbangun desa yang dilaksanakan pada akhir semester semester. Kuliah kerja nyata (KKN) secara umum merupakan suatu bentuk program pendidikan yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan isi dan bebas pendidikan juga meningkatkan relavasi pendidikan dengan kebutuhan masyarajat.
Mahasiswa merupakan patner pemerintah dalam mewujudkan realitas empirk serta menemukan formulasi solusi atas persoalan yang ada dimasyarakat. Sesuai dengan bidang study masing-masing. Ini menjebalani antara teori yang dipelajari mahasiswa dikampus dengan realitas yang terjadi dilampangan.
Progam KKN sengaja memiliki lokasi di kawasan desa manyaran kec. Banyakan kab. Kediri. Setelah ini melakukan survey lokasi. Bp. Tumijan sbg. Kades menuturkan,” hendaknya para mahasiswa yang akan melaksanakan program nanti hendaknya bias lebih efektif, bisa dengan kemanfaatan lebih banyak pada masyarakat kami.”
Ditempat terpisah mahasiswa mengatakan ,” peserta KKn yang ada di desa dapat mengikuti kegiatan mi dengan sebaik-baiknya, penuh ketekunan, sungguh-sungguh dan rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi dan pengharapannya dapat mengikuti, menyesuaikan dari”. Tidak mustahil para mahasiswa akan menemukan berbagai masalah menarik untuk di pecahkan dan dikaji sebagai penelitian yang berguna bagi semuanya.
Kegiatan-kegiatan meliputi, 1) Mengadakan pembinaan .” Bhs. Inggris, bhs. Indonesia, ppkn, paud, tk, biologi. Penempatannya dikelompokkan ke dusun Dsn. Kradman, dsn. Mangarang, dsn. Manyaran, dsn putan, dsn. Ngesang. 2) Kapurisasi. 3) Mambarisasi. 4) Penyuluhan tentang pancasila pada masyarakat. 5) Pendidikan. 6) Membantu pengaspalan Jl. Swadaya.
Yang paling menarik kegiatan ini diadakan penyuluhan peternakan dr. dinas peternakan. Respon masyarakat sangat baik untuk pemeliharaan kambing. Hal ini ditandai dengan besarnya minat warga dalam mengikuti penyuluhan tersebut. Juga dapat dilihat dari antusiasme warga dalam memberikan pertanyaan seputar criteria peternakan.
Dinas peternakan mangarahkan ,” pemanfaatan ternak dan hasil sampingnya sebagai potensi peningkatan penghasilan keluarga yang ada di desa manyaran dan kantribusi sekitar perekonomian sesuai dengan prioritas pembangunan nasional yang akan ditetapkan ,“ revitalisasi,” Petani yang tergabung dalam penyuluhan,” selona paying” ds. Manyaran mengikuti penyuluhan, cara teruah/pembibitan kambing melalui peningkatan pemberdayaan petani.
Bp. Tumijan (KADES) dan peserta KKn sebagai penyelengaraan kegiatan pembelajaran teknologi kambing dalam agribisins dilaksanakan dib alai desa manyaran dengan bimbingan para peneliti dan teknis topic pembelajaran meliputi teknologi hijauan pohon, pengolahan pakan, system perkandangan dan penanganan penyakit pada kambing. Putasias para petani terutama dalam hal teknologi penyediaan pakan. Hamper setiap petani kesalahan dalam hal penyediaan pakan yang sesuai jumlah dan jenisnya. Pada dasarnya jenis hijauan atau limbah yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.
Penyuluhan ini dirasakan petani manyaran sangat bermanfaat dan bias terjadi komunikasi yang baik antar petani, juga harus dipraktekan, tidak hanya teori belaka. Para petani menyampaikan terima kasih kepada Bp. Tumijan (KADES dan mahasiswa KKN( KKN) yang telah memfasilasi kegiatan ini dengan para narasumber lainnya, sehingga pakan tentang beterna yang baik.
Keberhasilan ekonomi desa jelas menunjang kesuksesan program pemerintah (pemkab). Semua itu hatus dibarungi dengan baiknya pembangunan dan suksesnya pelayanan dari perangkat di desa.
Memang tugas dan wewenang seorang kepala desa memang berat tidak hanya mengayomi, melindungi warga, tetapi juga membantu menyejahterakan warganya. Hal ini lah yang tengah dilalkukan kepala desa manyaran.
Beliau juga tergabung dalam komunitas HCSY (Honda City Sport Ane Team) yakni kategori organisasi club. Dan perkumpulan ini merupakan wadah kobi bagi para pengguna Honda. CSI didirikan pada tahun 2008 dan sudah tersebar di seluruh Indonesia jadi ini bukan club tapi merupakan motivasi tersendiri. Selamat berkarya untuk meraih masa depan yang lebih baik dan semoga tetap kondusif yang selalu diinginkan semuanya. (gus)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Peningkatan Kesejahteraan Perekonomian Keluarga Berbasis Sumber Daya (Peternakan)"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA