Gunung Bromo Dalam Status Siaga

Gunung Bromo
Probolinggo, SMN
Aktivitas gunung bromo terus meningkat walaupun statusnya sudah siaga tapi abu vulkanik gunung bromo mencapai radius puluhan kilometer terutama ke arah timur. Bahkan di kawasan Kecamatan Sukapura dan sekitarnya banyak sekali petani yang mengeluh akibat gagal panen bahkan ada ternak yang meninggal akibat debu vulkanik. Debu vulkanik di kawasan Sukapura sendiri mencapai 5cm dari permukaan tanah dan mengakibatkan sesak nafas serta mata iritasi.
Tapi Dinas Kesehatan Kab Probolinggo sudah menyediakan masker penutup mulut dan pengobatan keliling secara gratis melalui puskesmas-puskesmas yang terkena dampak dari abu vulkanik gunung bromo. Menurut Ketho, salah satu pemilik ladang di Desa Sapi Kerep Kec Sukapura, pihaknya mengalami kerugian hingga jutaan rupiah di akibatkan gagal panen karena dampak dari debu vulkanik. Tetapi sampai saat ini warga di sekitar gunung bromo itu sendiri tidak ada menolak untuk di evakuasi. Padahal pihak yang berwenang sudah menyediakan tempat dan posko2 yang layak. Hal ini di karenakan mereka mempercayai bahwa ada satu mitos dari Suku Tengger yang mengatakan bahwa adanya debu vulkanik ini harus di syukuri karena sehabis adanya debu vulkanik ini bisa membawa berkah untuk musim panen selanjutnya, dan mereka mempercayai bahwa jika mereka meninggalkan rumah mereka akan terjadi musibah yang lebih parah.
Dan perlu diketahui bahwa abu vulakanik ini lebih parah dari tahun 2000, 2004, dan 2006. Sementara itu gunung bromo yang di kenal sebagai obyek wisata mancanegara yang terkenal dengan kawah dan panorama yang sangat indah itu dengan adanya aktifitas gunung bromo para wisatawan asing justru lebih banyak mendatangi untuk menyaksikan aktifitas gunung bromo walaupun ada larangan dari jarak yang sudah di tentukan untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan. Namun para wisatawan asing itu mendekat untuk mengambil gambar aktifitas gunung bromo.
Menurut Thomas Helbert, salah satu wisatawan asing dari Italia menyampaikan, “I am very like see dust rain in the bromo mountain because in my contry not happen,” (saya sangat senang melihat hujan debu di gunung bromo ini karena di negara saya belum pernah terjadi>.menurut salah satu team sar di posko yang berhasil saya temui,,mengatakan team sar selalu siaga selama gunung bromo menunjukkan aktifitasnya.dan team sar selalu memberi peringatan kepada warga sekitar gunung bromo apabila terjadi sesuatu kapan warga harus meninggalkan tempat.menurut himbauan puhak pemerintah kabupaten probolinggo bagi warga masyarakan di sekitar gunung bromo harus lebih hati2 dan waspada. (cempluk)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Gunung Bromo Dalam Status Siaga"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA