Program Sop Poktan Sugih Mukti Tidak Jelas ?



NGANJUK, SMN - Kelompok tani Sugih mukti desa Bulu putren Kec. Sukomoro adalah salah satu penerima program SOP bawang merah tahun 2012 dari Dirjen hortikutura, Dimana klomtan menerima dana melalui rekening sebesar Rp 50.000.000, -.
Dalam program ini menurut penjelasan ketua komtan kasun Rofii setelah uang Rp 50 juta tersebut diambil dari rekening lalu diminta PMD [Penggerak Membangun Desa] Darmuji kemudian di belikan 1 kendaraan VIAR, 1 Cultivator, beberapa pipa besi untuk menggantung bawang merah dan beberapa widik bambu untuk menjemur bawang merah.

Ketika kasun Rofii ditanya perihal program SOP bawang merah yang di terimanya dijawab tidak tahu Karena pelaksanaannya sepenuhnya ambil alih oleh PMD. Apalagi saat ini sudah terjadi reorganisasi dan ketua poktan sugih mukti sudah beralih kepada Mujianto dan untuk program inipun tidak tahu begitupun dengan anggota poktan yang lain tidak tahu juga tentang program ini.
Barang barang tersebut saat ini dalam penguasaan PMD dengan alasan bahwa memang demikian aturannya dan ini akan berlangsung selama 2 tahun hingga masa jabatan PMD berakhir. seperti dijelaskan oleh darmuji selaku PMD se kabupaten Nganjuk Bahkan darmuji juga mejelaskan hal tersebut juga berlaku pada program program lain yang diterima oleh poktan sugih mukti seperti contohnya program optimasi lahan yang juga diterima poktan sugih mukti yang pelaksanaannya juga di pegangnya.
Darmuji beralasan ini dikarenakan bila program di pegang orang lain bisa tidak berhasil nantinya. Yang penting dalam pertemuan rutin tgl 8 setiap bulan ada laporannya, darmuji menjelaskan. Ketika di tanya tentang fungsi dan tugas PMD, darmuji menerangkan bahwa tugas dan fungsi PMD adalah mendampingi, mensukseskan, memberdayakan kelompok dalam melaksanakan program SOP bawang merah ini.
Bila memang tugas PMD demikian apakah ini termasuk bentuknya menguasai asset program yang diterima poktan?. bagaimanakah bentuk program SOP bawang merah yang benar? sesuai penjelasan dari dinas. Bersambung [Rmb]
.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Program Sop Poktan Sugih Mukti Tidak Jelas ? "

KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA