Kades Harus Penuhi Harapan Masyarakat



BLITAR, SMN - Pada dasarnya pemimpin berpegang teguh kepada masyarakat. Untuk itu, seorang Kepala Desa (Kades) yang notabene pimpinan tertinggi di desa harus mengedepankan kepentingan masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan mereka, memenuhi harapan mereka. Kepala Desa pemimpin desa sekarang dengan dahulu berbeda jauh. Jika dahulu identik dengan penguasa, saat ini sebagai pelayan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Bupati Blitar, H. Herry Noegroho saat membacakan sambutan pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala Desa Tlogo, Rahman Diyarto, Selasa (21/1) di Balai Desa Tlogo. Selain itu, Kades juga harus bisa menjadi pengayom, suri tauladan bagi warganya. Mengingat setelah dilantik, seorang kades telah menjadi Pamong Praja yang filosofinya adalah harus dapat ngemong dan memanage masyarakat dalam membangun desa yang muaranya adalah kehidupan masyarakat sejahtera.
Pasca pelaksanaan kegiatan pemilihan Kades, para kades yang baru saja dilantik juga harus dapat merangkul semua komponen yang ada di desa dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip musyawarah mufakat untuk menyelesaikan setiap permasalahan, utamanya yang menyangkut kepentingan masyarakat desa. Bahkan juga harus loyal dan eksis kepeda pemerintah, memberikan motivasi kepada seluruh perangkat desa serta menciptakan situasi tetap harmonis.
Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga berpesan, Tahun 2014 yang merupakan tahun Politik, yakni pemilihan anggota legislatif dan presiden serta wakil presiden, hendaknya masyarakat Tlogo juga bisa menciptakan kondisi tetap aman, kondusif, mengingat pemilihan Kepala Desa di wilayah ini sudah cukup baik.
Ini menunjukkan masyarakat semakin dewasa menyikapi pesta demokrasi. Pelantikan Kades Tlogo sesuai SK Bupati Blitar No.188/39/409.012/KPTS/2014, 20 Januari 2014 dihadiri oleh Wakil Bupati Blitar, H. Rijanto, Ketua DPRD Guntur Wahono, beberapa Kepala SKPD serta Muspika Kanigoro. (mam)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Kades Harus Penuhi Harapan Masyarakat "

KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA