Hatta Rajasa Hadiri Jambore LMDH 2014 di Waduk Wonorejo



TULUNGAGUNG, SMN - Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), harus menjadi kekuatan ekonomi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya, dan hal tersebut harus ada terobosan-terobosan dari anggota LMDH dan dukungan dari Pemerintah.
Demikian antara lain disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, saat menghadiri Jambore Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) 2014 Eks Karesidenan Kediri yang berlangsung di Hall Jasa Tirta Bendungan Waduk Wonorejo pada Senin (20/01). Dalam Kunjungan ke Tulungagung ini Menko Perekonomian Indonesia Hatta Rajasa bersama Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hasan, tiba di Bendungan Wonorejo disambut Bupati beserta Forpimda Tulungagung dan Bupati Trenggalek.

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, LMDH dapat menjadi pilar ekonomi kerakyatan dan berjasa menjaga kelestarian hutan. Seperti yang kita ketahui, bencana banjir yang disebabkan oleh tingginya curah hujan merupakan dampak dari pemanasan global yang salah satunya dipicu oleh berkurangnya hutan yang berperan sebagai paru-paru dunia. Hal ini diharapkan menjadi motivasi LMDH untuk ikut berusaha melestarikan hutan.
Sementara itu dihadapan kedua menteri, Bupati Tulungagung Syahri Mulyo menyampaikan banyak hal tentang akan tumbuh kembangnya perekonomian yang dipacu sebagian masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan. Seperti Kawasan Bendungan Waduk Wonorejo yang dikelilingi hutan, mempunyai banyak potensi yang bisa menjadi mata pencaharian masyarakat setempat. Mulai dari menanam rumput Gajah yang kemudian digunakan untuk menyuplai makanan bagi peternakan sapi perah yang menjadi pimadona masyarakat setempat.
Jambore LMDH se eks Karisedenan Kediri kali ini, diikuti tidak kurang dari 700 orang peserta dari 211 Perwakilan LMDH di Wilayah Kediri, Blitar, Nganjuk, Trenggalek dan Tulungagung. Selain sebagai ajang silaturohmi Jambore juga diisi dengan seminar tentang Kemandirian Lembaga Masyarakat Desa Hutan, dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para Peserta. (dian)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Hatta Rajasa Hadiri Jambore LMDH 2014 di Waduk Wonorejo"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA