Bupati Mulyadi Resmikan Trenggalek Car Free Day



TRENGGALEK, SMN - Kota-kota besar di Indonesia mulai merasakan betul dampak dari semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang angkanya terus meningkat hebat dari tahun ke tahun. Tak dapat dipungkiri salahsatu dampak dari tingginya angka penggunaan kendaraan bermotor adalah semakin buruknya kualitas udara. Setiap emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor ke udara membawa serta gas atau zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Dalam rangka pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup dan pelaksanaan peningkatan kualitas hidup anak yang terkait tentang pendidikan, kesehatan, HAM, lingkungan, sosial budaya agar anak dapat hidup tumbuh dan berkembang serta bisa berpartisipasi secara maksimal. Maka diperlukan terciptanya ruang publik (masyarakat) yang terbebas dari asap kendaraan bermotor yang di kemas dalam program car freeday. Program Car Free Day (Hari bebas kendaraan bermotor) ini diresmikan oleh Bupati Trenggalek Dr. Ir Mulyadi, WR. MMT  pada hari Minggu 26 Januari 2014 kemarin.
Program pencanangan program Car Free Day ini diramaikan dengan kegiatan bersepeda bersama dengan start di depan Pendopo. Car free day ini akan terus dilaksanakan setiap hari Minggu dari pukul 05.00 sampai 10.00 WIB. Dan juga senam aerobik bersama.
Car free day yang akan diselenggarakan di seputaran alun-alun ini juga berfungsi untuk memberi ruang bagi publik atau masyarakat untuk membangun interaksi sosial melalui olahraga yang mudah, murah dan rekreatif. Memberikan sarana prasarana bagi anak untuk berkreasi dan berekreasi di kotanya sendiri.
Dalam sambutannya, Bupati Mulyadi mengajak masyarakat Trenggalek untuk lebih berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang salah satunya dengan menghemat BBM.
Untuk penetapan kawasan car free day sendiri terbagi atas lima zona. Zona Utara meliputi jalan alon-alon sampai depan kantor Sekreatiat Daerah untuk kawasan Kuliner. Zona Timur meliputi jalan dan tempat parkir depan pendopo digunakan untuk ajang kreatifitas anak dan senam khusus lansia. Zona Selatan meliputi jalan selatan alon-alon sampai pertigaan pasar sore untuk pedagang kaki lima non makanan. Zona Barat meliputi jalan dan tempat parker depan masjid agung digunakan untuk arena promosi dan layanan SKPD, BUMN, BUMD, perbankan dan perusahaan swasta. Zona Tengah meliputi kawasan alon-alon digunakan untuk senam aerobik, tempat olah raga dan perpustakaan keliling.
Fasilitas untuk senam lansia aerobik, bersepeda, kreatifitas anak, outbond dan kuliner di area car free day siap menunggu dan menanti kehadiran kita. Untuk itu mari kita ikuti dan sukseskan secara bersama program ini untuk olah raga, berkreasi dan berekreasi serta menikmati wisata kuliner yang ada di lokasi car free day. (rud)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bupati Mulyadi Resmikan Trenggalek Car Free Day "

KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA