Gubernur Jatim Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir



BLITAR, SMN - Melalui Bupati Blitar, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir di Kelurahan Sutojayan, Senin (20/1). Bantuan sembako yang diserahkan secara simbolik tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Blitar, H. Herry Noegroho yang didampingi Wakil Bupati Blitar, H. Rijanto. Bantuan berupa sembako dari Gubernur Jawa Timur kepada para korban bencana di Kelurahan Sutojayan dan Kelurahan Kedungbunder sebagai bentuk rasa empati Pemerintah Jawa Timur kepada masyarakat korban bencana banjir.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menegaskan, kawasan Sutojayan dan Kedungbunder merupakan daerah yang berpotensi banjir. Mengingat, lokasi wilayah ini berada pada cekungan. Daratan lebih rendah daripada posisi sungai. Ini juga dipicu , adanya penggundulan hutan 2004 lalu. Akibatnya, air yang meluap dari wilayah Pangungrejo, Wonotirto membanjiri wilayah ini. Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Blitar tidak tinggal diam. Untuk meminimalisir bencana serupa, Pemkab. Blitar telah melakukan pengerukan. Bahkan kedepan, akan melakukan normalisasi sungai, sudetan. Bupati Blitar juga berpesan, agar masyarakat Sutojayan dan Kedungbunder tetap waspada.
Mengingat curah hujan diprediksi masih tinggi. Banjir yang terjadi akhir Desember 2013 lalu hendaknya tetap menjadikan masyarakat khususnya korban bencana tetap sabar, karena musibah tersebut tidak separah seperti korban banjir di Jakarta maupun Madano, Sulawesi Utara. Sebelumnya, Camat Sutojayan, Eko Supriyadi dalam laporannya menegaskan, Banjir terjadi pada 20 sampai 23 Desember 2013, kemudian banjir susulan pada 3 Januari 2013. Akibat banjir tersebut, beberapa tanggul di wilayah Kecamatan Sutojayan jebol. Diantaranya; 4 titik di Desa Bacem, 4 titik di Kelurahan Sutojayan. Dari beberapa tangkis/tanggul yang jebol tersebut, masih ada sekitar 20 meter tangkis perbatasan Bacem-Sutojayan yang belum diselesaikan, termasuk tanggul di Belakang Balai Desa Bacem.
Sementara pemukiman warga yang terendam banjir di Kelurahan Sutojayan sebanyak 4 RW, 11 RT, 841KK dengan jumlah 2.658 jiwa. Sedangkan di Kelurahan Kedungbunder 1 RW, 2 RT, 56 KK jumlah warga sebanyak 150 jiwa. Bantuan baik dari Pemkab. Blitar maupun masyarakat sudah diserahkan kepada para korban. Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Palal Ali Santoso, Kepala Dinas Kesehatan, Kasat Pol PP, Kepala BPBD, dan Kepala Dinas PU Cipta karya. Usai memberikan bantuan, Bupati beserta rombongan meninjau kembali beberapa tanggul yang jebol akibat banjir. (mam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Gubernur Jatim Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir"

KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA