Pendidikan Berkarakter di SMPN 03 Nglegok



BLITAR, SMN - SMP Negeri 03 Nglegok yang letaknya berada di jalan Garuda di desa Sumber Asri kecamatan nglegok Kini telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan, dalam kepemimpinan Nanik Bhirawati S.Pd M.Pd, kini SMP Negeri 03 nglegok telah mengalami pertumbuhan ke arah yang produktif, kondusif dan repersentatif sehingga SMP Negeri 03 Nglegok juga menjadi salah satu SMP favorit di Kabupaten Blitar, karena untuk memenuhi amanat tersebut memerlukan sumber daya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan.

Untuk memenuhi sumber daya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting. UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai tujuan tersebut. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat.
Dalam berbagai komponen sekolah SMP Negeri 03 nglegok juga telah memperoleh prestasi yang sangat membanggakan salah satunya di bidang olah raga yaitu O2SN juara 2 pencak silat, juara lari 100meter, serta di bidang agama juga mendapatkan juara 1 membuat kaligrafi di tingkat kabupaten blitar, dan yang paling membanggakan SMP Negeri nglegok 03 yang dulunya sekolah potensial kini di tahun 2013 telah menjadi sekolah SSN(Sekolah Standart Nasional), semua itu tidak lepas dari kerja keras kepala sekolah dan guru pengajar yang ada di SMP Negeri 03 Nglegok.
Adapun Visi SMP Negeri 03 Nglegok Unggul Ddalam Mutu, Imtaq, Iptek, Berkarakter dan Berbudaya Berwawasan Lingkungan”. Dengan Indikator: Unggul dalam mutu kelulusan, unggul dalam melaksanakan aktivitas keagamaan, unggul dalam penguasaan IPTEK, unggul dalam pengeloloan lingkungan, unggul dalam pendidikan karakter, serta unggul dalam apresiasi budaya. Serta Misi sekolah di antaranya Menanamkan nilai keagamaan dalam bentuk pengalaman konkrit, Mengembangkan KTSP sesuai standart Isi dan SNP, Melaksanakan pembelajaran berdasarkan KTSP dengan menerapkan Pembelajaran PAKEM, ICT dan CTL, menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, melaksanakan budaya semyum, salam, sapa, santun, mengembangkan fasilitas teknologi informasi dan penunjang pendidikan, serta menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif indah sehat dan nyaman. Dan tidak lupa juga SMP Negeri 03 Nglegok juga sangat aktif mengikuti kegiatan di luar sekolah, salah satunya mengikuti parade seni karnaval dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ke. 68 yang di adakan desa Sumber Asri kecamatan Nglegok yang di gelar pada hari minggu(8/9), dalam acara tersebut SMP Negeri 03 Nglegok menampilkan tari massal yaitu tari Gebyar-Gebyar.
Nanik Bhirawati S.Pd M.Pd selaku kepala SMP Negeri 03 Nglegok juga mengharapkan di tahun ajaran 2013/2014 ini kepada siswa siswinya agar tetap mempertahankan nilai ujian nasional dan kelulusan 100%, serta kegiatan yang sudah berjalan seperti mengaji, SOP yang ada di Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar mampu di infrementasikan di sekolahan SMP Negeri 03 Nglegok. (mam)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pendidikan Berkarakter di SMPN 03 Nglegok "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA