Apel Hari Pramuka Ke-52 Dipimpin Kakak Tanri



PROBOLINGGO, SMN - Peringatan Hari Pramuka ke-52 tahun 2013 di Kabupaten Probolinggo ditandai dengan Apel Bersama Hari Pramuka di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo, Sabtu (31/8) pagi kemarin. Apel bersama hari pramuka ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari 24 Kwartir Ranting se Kabupaten Probolinggo.
Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Bupati Probolinggo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Kakak Hj. P. Tantriana Sari, SE. Sementara Pemimpin Upacara adalah Komandan Koramil 0820/12 Kraksaan selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wirakartika Kwartir Ranting Kraksaan Kakak Kapten Art. Hendarto Irianto.

Peringatan Hari Pramuka ke-52 ini mengambil tema “Wujudkan Bangsa yang Berkarakter dan Bermartabat melalui Gerakan Pramuka. Tema ini dinilai tepat, karena mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat harus dimulai sejak dini. Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah untuk membangun karakter bangsa yang luhur dan mulia.
Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyematan tanda penghargaan gerakan pramuka dan tanda pramuka garuda oleh Kakak Tantri didampingi oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Kakak Drs. H.A. Timbul Prihanjoko.
Bupati Probolinggo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Kakak Hj. P. Tantriana Sari, SE ketika membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan sejarah mencatat, bangsa Indonesia dapat tegak berdiri, lepas dari belenggu penjajahan, karena bangsa ini memiliki karakter pejuang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Bangsa kita yang majemuk dan multikultural dapat semakin rukun dan bersatu, karena kita memiliki karakter dan jati diri bangsa berdasarkan Pancasila serta semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Kakak Tantri.
Menurut Kakak Tantri, sejak berabad-abad silam, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang berbudi luhur, bangsa yang ramah dan toleran. Bangsa yang selalu guyub dan  bergotong-royong. Itulah karakter bangsa Indonesia yang luhur. Karakter ini harus terus diwariskan  kepada generasi muda bangsa saat ini dan  mendatang, agar tumbuh, sekali lagi, menjadi bangsa yang bermartabat.
“Sebagai bagian dari upaya itu, Gerakan Pramuka harus terus kita bina dan kita kembangkan melalui revitalisasi Gerakan Pramuka. Revitalisasi Gerakan Pramuka, yang telah berlangsung selama tujuh tahun terakhir ini telah menjadikan pendidikan kepramukaan berperan lebih besar dalam mencetak generasi muda yang berkarakter unggul dan berwawasan kebangsaan yang kuat,” jelas Kakak Tantri.
Lebih lanjut Kakak Tantri menjelaskan revitalisasi Gerakan Pramuka terus diarahkan pada pemantapan pembinaan karakter bangsa. Revitalitasi Gerakan Pramuka diarahkan pula untuk memantapkan komitmen generasi muda terhadap empat konsensus dasar bangsa. Yaitu, Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.
“Pemantapan empat konsensus atau empat pilar kehidupan bernegara itu dapat memperkokoh idealisme, cita-cita dan militansi generasi muda untuk menjadi komponen bangsa yang cerdas, unggul, tangguh, penuh daya inovatif dan tetap bersatu. Dengan empat konsensus dasar itu pula, kita ingin menjadikan generasi muda kita memiliki akhlak kepribadian yang luhur dan mulia, memiliki sikap toleran dan humanis serta siap bersaing di era global,” terang Kakak Tantri.
Tidak lupa Kakak Tantri juga mengajak generasi muda untuk mengembangkan Gerakan Pramuka tidak hanya di Gugus Depan berbasis sekolah, tetapi juga di Gugus Depan yang berbasis wilayah.
“Mari kita tingkatan kemandirian Gerakan Pramuka, baik pada manajemen pengelolaan pendidikan hingga perolehan sumber-sumber keuangan. Manfaatkan jaringan kerja dan dukungan yang telah ada selama ini, baik di dalam maupun di luar negeri,” tegas Kakak Tantri.
Kepada para penerima penghargaan, Kakak Tantri menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa-jasa serta pengabdian yang telah dilakukan dalam mengembangkan aktivitas Gerakan Pramuka di Tanah Air kita. “Saya berpesan agar Saudara dapat terus meningkatkan peran, aktivitas dan kepeloporan bagi pengembangan pendidikan kepramukaan di Indonesia,” pungkas Kakak Tantri.
Upacara Hari Pramuka ke-52 ini diakhiri dengan penampilan dan atraksi simulasi penanggulangan bencana oleh Brigade Penolong 13.13 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Apel Hari Pramuka Ke-52 Dipimpin Kakak Tanri"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA