Kapolres Ponorogo Kukuhkan Pokdar Kamtibmas di Kecamatan Kauman dan Prakarsai Forum Komunikasi Antar Perguruan Silat



PONOROGO, SMN - Untuk menciptakan situasi kondusif pada masyrakat Ponorogo sinergi dengan terciptanya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, Kapolres Ponorogo membentuk kelompok yang dinamakan Citra Bayangkara Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (POKDAR KAMTIBMAS).
Citra Bayangkara adalah kelompok masyarakat yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungannya kususnya kamtibmas. Pada pengukuhan tersebut dihadiri oleh Kapolres bersama jajarannya,Muspika kecamatan Kauman,anggota Pokdar Kamtibmas kecamatan Kauman, Babin Kamtibmas, serta para Kepala Desa se-Kecamatan Kauman.

Pengukuhan POKDAR KAMTIBMAS di kecamatan Kauman Ponorogo pada tanggal 12 September 2013 adalah yang ketiga (3) kali dari dua puluh satu (21) kecamatan di Ponorogo yang direncanakan akan dikukuhkan.Kapolres Ponorogo AKBP Iwan Kurniawan menegaskan, “Pembentukan Citra Bayangkara daasarnya adalah Undaan-Undaang No.2 tahun 2002 tentaang Kepolisiaaan yang berisi bahwa kepolisiaan mempunyai tugas pembinaan terhadaap pamswakarsa.
Lebih lanjut Kapolres AKBP Iwan Kurniawan menuturkan dalam struktur Pokdar Kamtibmas di keacamatan posisi ketua berasal dari unsur masyarakat dan wakilnya adalah Kapolsek ,sedangkan untuk wilayah kabupaten Kapolres menjadi wakil dalam struktur organisasi,sehingga polisi kedudukannya tidak lagi diatas masyarakat tetapi di bawah masyarakat yang pada prinsipnya bertugas sebagai pelayan masyarakat.
Pada kesempatan lain tanggal 13 September 2013 bertempat di aula Polres Ponorogo, Kapolres Ponorogo AKBP Iwan Kurniawan memimpin rapat koordinasi Forum Komunikasi Pencak Silat dan Beladiri Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan hasil evaluasi dengan melihat apa yang telah terjadi dalam masyarakat dan kebuntuan komunikasi antar perguruan pencak silat atau bela diri,Kapolres AKBP Iwan Kurniawan mempunyai inisiatif memprakarsai pertemuan tersebut. Senada dengan Kapolres AKBP Iwan kurniawan, ketua tiga (3) IPSI Muhammad Komarudin juga mengisyaratkan terjadinya kemandekan komunikasi, forum komunikasi ini sebetulnya sudah terbentuk saat Kapolres sebelumnya tetapi tidak ada aktifitas atau action.
Kapolres AKBP Iwan Kurniawan mengutarakan komunikasi pada level atas selama ini tidak ada persoalan,tetapi pada level bawahlah sering muncul persoalan sehingga Kapolres mengharapkan untuk masa yang akan datang dilibatkannya level bawah dalam proses komunikasi dan tujuan dari diadakannya rapat tersebut tidak dilatarbelakangi masalah politis,tetapi hanya masalah kamtibmas murni. (brew)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Kapolres Ponorogo Kukuhkan Pokdar Kamtibmas di Kecamatan Kauman dan Prakarsai Forum Komunikasi Antar Perguruan Silat"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA