KT. Sidomulyo Mendukung Pembangunan Waduk Semantok



NGANJUK, SMN - Nganjuk ijo royo-royo menandakan Nganjuk yang subur dimana tanahnya mampu menumbuhkan dan menghasilkan dengan baik semua tanaman yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Nganjuk ijo royo royo selain merupakan slogan itu juga merupakan harapan wong nganjuk.Terutama mereka yang berprofesi sebagai petani di wilayah Nganjuk utara yang setiap musim hujan mengalami banjir yang merusak tanaman namun kalau musim kemarau tanaman mereka mati karena kekurangan air untuk pertanian.

Mereka. berharap kebutuhan vital bagi tanaman yaitu air dapat terpenuhi dengan cukup tanpa harus melalui perang baik mulut maupun fisik di setiap musim kemarau terutama bulan agustus dan September. Dimana selama ini pada bulan tersebut petani wilayah Nganjuk utara mengandalkan aliran air dari waduk kali bening kecamatan Saradan Madiun yang sebenarnya hanya dapat memenuhi kebutuhan akan air untuk sawah di Nganjuk wilayah utara hanya sebesar 25%-30% saja.Sedangkan kekurangannya mengambil melalui sumur boor yang setiap tahun makin dalam menandakan makin berkurangnya ketersediaan air didalam tanah.Padahal sebagian besar masyarakat nganjuk utara mengandalkan perekonomian dari bertani padi,kedele,jagung dll terutama bawang merah yang merupakan produk unggulan di Nganjuk.
Menurut salah satu kelompok tani di wilayah nganjuk utara yaitu kelompok tani Sido Mulyo dari desa Rejoso kecamatan Rejoso yang memiliki anggota 200 lebih melalui Suwadji ketua kelompoknya menjelaskan bahwa sebenarnya masalah air di wilayah nganjuk utara ini ada solusinya dan sudah disurvey dari IPB yaitu pemerintah segera membangun waduk semantok yang terletak di wilayah desa Sambikerep .terutama bagian yang bawah.Karena dengan terbangunnya waduk tersebut air di musim hujan dapat dialirkan kemudian di tampung dan di simpan diwaduk sehingga mengurangi besarnya banjir sedangkan di musim kemarau menjadi cadangan air pertanian yang menurut perhitungan akan memenuhi kebutuhan pertanian wilayah nganjuk utara dengan cukup (100%). Dengan adanya waduk semantok ini wilayah Nganjuk utara seperti kecamatan Rejoso,Gondang ,Lengkong dan jatikalen diperkirakan tidak kekurangan air lagi untuk bertani di musim kemarau dan kebiasaan banjir dimusim hujan dapat dikendalikan.
Waduk yang rencananya cukup besar itu juga di harapkan berpotensi menghidupkan waduk waduk yang lain yang selama ini kering di musim kemarau sehingga semakin baik pengaturan dan perjalanan air di wilayah nganjuk utara semakin banyak masalah yang disebabkan karena air dapat teratasi.
Karena itu kelompok tani Sido Mulyo amat sangat mendukung rencana terbangunnya waduk semantok bahkan sangat berharap pemerintah segera merealisasikan pembangunan waduk tersebut supaya wilayah Nganjuk utara dimana kelompok tani Sido mulyo termasuk disitu segera bisa terbebas dari banjir di musim hujan dan hasil pertanian meningkat karena air yang sangat dibutuhkan petani tersedia dengan baik dan lancar. (IAN/RMB)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "KT. Sidomulyo Mendukung Pembangunan Waduk Semantok"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA