Tingkatkan Mutu Pembelajaran dengan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas



MALANG, SMN - Untuk meningkatkan tenaga guru pengajar yang berkualitas diperlukan inovasi dan kreativitas pada setiap guru pengajar. Salah satunya melalui kegiatan seminar. Seperti yang dilaksanakan di Sub Rayon (SR) SMP Negeri 1 Bululawang. Pada Senin (12/6) yang lalu telah dilaksanakan seminar dengan mengambil tema “Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru-Guru SMP Negeri 1 Bululawang”, kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru pengajar di SR SMP Negeri 1 Bululawang dengan bimbingan dari pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Menurut pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Malang di wilayah SR ini, Drs. H. Sukaryono, M.Pd., mengatakan, kegiatan seperti ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan harapan dapat menghasilkan produk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.
Melihat kondisi SDM bangsa kita saat ini, masih kalah dengan negara lain, oleh sebab itu tidak mengherankan jika bangsa kita sebenarnya mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) terbesar di dunia. Tapi sayang dengan SDA yang besar tidak diimbangi dengan SDM yang tinggi, jangan disalahkan jika SDA bangsa kita dikelola oleh bangsa asing yang mutu SDM nya tinggi. Oleh sebab itu, Drs. Sukaryono, M.Pd. berharap agar kedepan SDA yang besar ini dapat dikelola oleh bangsa kita sendiri, dengan cara meningkatkan mutu SDM, yang merupakan produk dari mutu pendidikan, mutu pendidikan adalah produk dari mutu guru dalam proses pembelajaran di kelas. “Sejak menjadi pengawas saya selalu memprioritaskan peningkatan mutu guru dalam proses pembelajaran”, ungkap mantan kepala (SMP Negeri 2 Lawang dan SMP Negeri 1 Pakis).
Melalui seminar ini selain bertujuan untuk meningkatkan mutru guru dalam proses pembelajaran juga bertujuan untuk kelancaran kenaikan pangkat/golongan. Ide ini berawal dari gagasan seorang pengawas yang bertugas di wilayah ini. Pada dasarnya tugas pokok pengawas adalah supervisi manajerial dan supervisi akademik.
Sukaryono, mantan juara penulis artikel terbaik di majalah Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur berpesan kegiatan semacam ini harap dibudayakan karena sangat penting artinya bagi para guru, khususnya di SMP Negeri 1 Bululawang.
Sementara itu menurut salah satu guru peserta seminar Endang Suhartini, menyambut baik kegiatan ini karena sangat membantu untuk meningkatkan mutu guru dalam proses pembelajaran di kelas, karena guru bisa mengenal dan menerapkan model-model pembelajaran kooperatif dan penerapannya yang membuat siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar. Disamping itu juga yang lebih penting kegiatan ini bisa menjadi salah satu penunjang untuk kenaikan pangkat. Endang juga berterima kasih kepada pengawas yang mempunyai ide cemerlang ini, karena selama 10 tahun ini saya dalam proses kenaikan pangkat selalu gagal. Dengan mengikuti seminar ini guru-guru khususnya di SMPN 1 Bululawang dan di SR SMPN 1 Bululawang  pada umumnya, akan mudah dalam proses kenaikan pangkat.
Dalam kesempatan ini kepala sekolah Dra. Hj. Durotul Bahgiyah, M.Si. juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pengawas yang sudah mau memberi pengarahan, pembinaan, dan bimbingan kepada guru-guru di SMP Negeri 1 Bululawang melalui kegiatan ini, pihaknya juga berharap dapat meningkatkan kualitas mutu proses pembelajaran dampaknya dapat menghasilkan produk mutu SDM yang berkualitas. Dengan guru pengajar yang berkualitas, dan bervariatif penggunaan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran bisa diterima oleh siswa, sehingga siswa dapat dengan mudah menerima materi pelajaran yang diberikan oleh guru pengajar.
Di tahun ajaran 2012/2013, saat ini hasil kelulusan di SMPN 1 Bululawang 100% lulus dengan nilai tertinggi 37,05, diraih oleh siswa Najela Rafia Elchoir. Hasil ini lebih baik dibanding dengan hasil UAN di tahun ajaran 2011/2012. Untuk di tahun ajaran baru mendatang pihaknya akan terus berusaha akan lebih meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Bululawang. (JUN)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Tingkatkan Mutu Pembelajaran dengan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA