Selalu Berinovasi untuk Pertahankan Adipura Kencana



MALANG, SMN - Setelah menunggu 20 tahun akhirnya Kota Malang berhasil meraih anugerah Adipura Kencana tahun 2013 (kategori Kota besar) dari Pemerintah pusat. Selain meraih Adipura Kencana tahun ini Kota Malang juga menyabet anugerah Wahana Tata Nugraha dan Adi Wiyata. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta masyarakat dan pemerintah Kota malang khususnya para petugas kebersihan lapangan (Pasukan Kuning).
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang Wasto, SH.MH. saat dikonfirmasi terkait kebersihan Kota Malang meraih Adipura Kencana mengatakan ini merupakan kemenangan seluruh masyarakat Kota Malang,
tanpa ada dukungan dan kerjasama masyarakat tentunya prestasi ini sulit kita wujudkan. Mekipun demikian penghargaan ini bukanlah target utama dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang. Ada atau tidak ada penghargaan ini pihaknya tetap menekankan rasa kedisiplinan agar selalu, bekerja secara maksimal dan ini merupakan salah satu fungsi pegawai DKP yang selalu bertanggung jawab dalam menjalankan tugas.
Melalui program Bank Sampah Malang (BSM) Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang berharap masyarakat bisa memahami dan bisa lebih mengerti tentang pengolahan sampah, yang pada dasarnya sampah dianggap sebagai sumber penyakit ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Selain program Bank Sampah DKP juga mempunyai program penghijauan lingkungan, kedepan program ini bisa memperluas gerakan untuk menumbuhkan gerakan masyarakat tentang sampah dan lingkungan.
Program ini sudah berjalan di seluruh kelurahan di Kota Malang melalui lomba kebersihan lingkungan antara RW dengan tujuan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat cinta akan kebersihan dengan memilah sampah dan fungsi sampah. Inovasi ini yang menghantarkan Kota Malang meraih Adi Pura Kencana, “ungkap Wasto”.
Pihaknya juga berharap bisa mempertahankan Adipura Kencana dengan berupaya lebih bersemangat lagi dalam menjalankan tugas. Untuk mempertahankan tentunya lebih sulit, untuk itu harus ada inovasi-inovasi baru dan kreativitas lagi, serta tanggung jawab dalam bertugas, peran serta dan dukungan masyarakat lebih ditingkatkan lagi. Serta semua pihak urusan pemerintah yang mempunyai fungsi dibidangnya, semua berpikir dan berbuat nyata untuk pengelolaan sampah dengan baik agar piala Adipura Kencana ini bisa kita pertahankan.
Setelah sukses memboyong piala Adipura Kencana Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang memberi bentuk penghargaan kepada Pasukan Kuning untuk berekreasi di Pantai Sendang Biru, sekedar menghilangkan rasa penat setelah melaksanakan tugas sehari-hari. Rekreasi ini dilaksanakan pada hari Minggu (23/6) dengan diikuti seluruh pegawai DKP se Kota Malang. (Jun)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Selalu Berinovasi untuk Pertahankan Adipura Kencana"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA