Muklis Isngadi, Tukang Adang Jadi Kepala Desa



PONOROGO, SMN - Bagaikan mimpi.. Begitu ungkapan yang disampaikan oleh Muklis Isngadi kepala desa Turi kecamatan Jetis yang baru dilantik Rabu (19/6). Memang pantas bila Isngadi bagaikan mimpi kalau sekarang dirinya menjadi kepala desa karena sebelumnya dirinya tidak pernah punya niat untuk mencalonkan menjadi kepala desa.
“Saya memang tidak pernah berniat macung lurah mbak, selain karena sudah ada calon yang tangguh juga saya tidak punya biaya. Sedangkan untuk macung jadi lurah membutuhkan biaya yang banyak. Namun karena kehendak dari masyarakat maka saya tidak mau mengecewakan mereka juga. Dengan persiapan kurang lebih dua bulan dan ala kadarnya alhamdulillah saya diijinkan oleh Alloh SWt untuk memimpin desa Turi enam tahun kedepan, tutur Isngadi panjang lebar mengenai awal mula dirinya mencalonkan kepala desa.

Isngadi yang sebelumnya berprofesi sebagai tukang adang ini juga seorang politisi berbasis PKS. “Langkah pertama yang saya lakukan adalah upaya untuk pemulihan persatuan dan kesatuan warga desa ini mbak. Tentunya kerukunan warga sangat menentukan kemajuan pembangunan desa ini selanjutnya, karena tanpa kebersamaan akan sulit untuk wewujudkan semua itu, tuturnya.
Lebihlanjut dia mengatakan bahwa dia punya satu visi yakni keterbukaan, dengan open managemen yang akan diterapkan dalam masa pemerintahannya maka dia berharap dapat merangkul semua pihak untuk sayuk rukun mbangun deso wewujudkan desa Turi makmur sejahtera. Dari sisi ekonomi Isngadi ingin mengembangkan kewirausahaan meski harus dimulai dari hal yang kecil. Dan yang mengagumkan di desa ini sudah ada wadah bagi masyarakat untuk berwirausaha yang diberi nama “Cakruk Produktif” yang menampung kreatifitas warga. Saat ini yang sudah berjalan adalah usaha budidaya jamur Tiram, belut, lele dan cacing.
“Kami berharap dengan adanya Cakruk Produktif ini dapat menjadi wadah bagi warga untuk berwiraswata sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, imbuh Isngadi.
Dengan adanya Cakruk Produktif ini berhasil membawa desa Turi menjadi juara tingkat kabupaten kriteria Pemuda Pelopor dan kedepan akan ditinjau tingkat Jawa Timur. “Saya berharap agar desa Turi ini menjadi desa yang berkah, guyub rukun meski dengan segala kemajemukannya, subur makmur ayem tentrem dan sejahtera masyarakatnya, pungkas Isngadi. (any)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Muklis Isngadi, Tukang Adang Jadi Kepala Desa"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA