Hartanto, SE, Mbangun Pohijo Melalui Sektor Budaya



PONOROGO, SMN - Grapyak sumanak dan mudah akrab dengan siapapun. Hartanto, SE   sosok yang kini memimpin desa Pohijo kecamatan Sampung hingga tahun 2019 nanti.  Berlatar belakang sebagai seorang seniman dan budayawan maka Hartanto ingin membangun dan memajukan desa Pohijo dengan kemasan budaya sehingga mudah diterima oleh masyarakat.
Salah satu terobosan yang dilakukan pada awal pemerintahannya untuk meningkatkan kesadaran warga membayar Pajak Bumi danBangunan (PBB) maka diadakan kegiatan jalan santai Lunas PBB. “Kegiatan ini kami rencanakan tanggal 7 nanti bersamaan dengan tasyakuran. Peserta boleh mengikuti jalan santai gratis tapi harus mneunjukkan bukti pembayaran PBB. Dengan hadiah utama yang cukup menarik saya rasa bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk membayar PBB di kemudian hari, jelas Hartanto terkait programnya.

Tidak itu saja dia juga ingin merangkul berbagai pihak yang bisa diajak kerjasama demi kemajuan Pohijo. Dibidang pertanian yang merupakan mata pencaharian utama warga Pohijo, dia ingin mencari solusi agar sektor pertanian bisa maju. “Saat ini para petani mengalami kendala dengan adanya hama potong leher yang menyerang padi. Kami ingin menjalin kerjasama dengan pihak yang terkait agar masalah ini dapat teratasi, imbuhnya.
Kedepan Hartanto ingin membangkitkan perekonomian masyarakat dengan kemasan budaya. Tradisi “Metik” sudah hampir punah di desa ini maka dia ingin nguri-nguri lagi, selain ada do’a dan nilai sakral didalamnya maka tradisi ini bisa dijadikan even tahunan dan membangkitkan perekonomian masyarakat. “Dengan adanya tradisi Metik yang dikemas sedemikian rupa, dibalut dengan sentuhan seni dan budaya maka saya harap akan menggugah animo masyarakat akan tradisi yang sudah lama ditinggalkan. Kegiatan ini rencananya akan kami pusatkan di balai desa, dengan suguhan kreasi seni budaya warga setempat dan bila sudah rutin kita laksanakan maka warga pun akan mendapat penghasilan tambahan dengan berdagang disekitar lokasi. Kami berharap Pohijo bisa dikenal oleh dunia luar salah satunya dengan tradisi ini, tutur kepala desa yang juga berprofesi sebagai dhalang ini.
Memang tepat bila Pohijo dipimpin oleh Hartanto seorang seniman dan budayawan kondang. Karena desa ini sangat kental dengan budaya, prestasi dibidang inipun patut diacungi jempol. Mulai dari tingkat SD yang sering meraih juara karawitan dan Mocopat tingkat kabupaten.
Di desa ini pula berbagai kesenian berkembang dimasa lalu seperti ludruk, ketoprak dan  wayang kulit.  “Harapan saya kedepan desa Pohijo makin maju diberbagai sektor dengan budaya dan agama sebagai motor penggeraknya. Saya ingin membangun desa ini dengan berbagai terobosan namun tetap berbalut budaya dan seni, pungkas Hartanto. (wied/any)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Hartanto, SE, Mbangun Pohijo Melalui Sektor Budaya"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA