Dua Tahun Mendatang, Kabupaten Blitar Targetkan Adipura Kencana



BLITAR, SMN - Untuk kelima kalinya Kota Wlingi Kabupaten Blitar mendapat piala Adipura kategori Kota Kecil. Target dua tahun kedepan, kabupaten yang memiliki 22 kecamatan ini bisa mendapatkan piala Adipura Kencana, bahkan Kota Wlingi bisa menjadi Kota terbersih di Indonesia sekaligus Kota Percontohan bagi daerah-daerah lain di Nusantara. Sebagai wujud rasa syukur, masyarakat Kabupaten Blitar menggelar kirap Piala Adipura sekaligus piagam penghargaan serta plakat Wahana Tata Nugraha yang notabene juga bentuk penghargaan untuk Kabupaten Blitar dalam penataan transportasi.

Bupati Blitar, H. Herry Noegroho dalam sambutannya dalam acara kirap Adipura dan WTN di Ruang Taman Hijau (RTH) Wlingi, Selasa (18/6) mengungkapkan rasa bangganya terhadap keberhasilan yang diraih oleh masyarakat Kabupaten Blitar khususnya masyarakat Kota Wlingi. Orang nomor satu ini berharap, penghargaan ini dipertahankan supaya dua mendatang Adipura Kencana bisa diboyong ke Kabupaten Blitar. Namun tentunya ini perlu dukungan dan komitmen semua pihak. Di lingkungan sekolah, Bupati juga menginginkan tercipta kader-kader peduli lingkungan.
Penghargaan Adipura sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup RI No.192 Tahun 2013 Tentang Penghargaan Adipura. Piala yang diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 10 Juni 2013 di Istana Negara Jakarta tersebut juga diterima oleh sekitar 142 kota lain seluruh Indonesia dari berbagai kategori, baik kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, maupun kota kecil. Salah satu sasaran program Adipura adalah menciptakan kota yang cerdas, manusiawi dan ekologis.
Program Adipura merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup yang dalam pelaksanaan penyelenggaraan dilaksanakan oleh Deputi Bidang Pengelolaan B3, Limbah B3 dan Sampah. Landasan pelaksanaan Program Adipura adalah Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 07 tahun 2012 tentang Pdoman pelaksanaan Program Adipura. Inti pelaksanaan Program ADIPURA adalah evaluasi kinerja pemrintah daerah dalam pengelolaan lingkungan perkotaan, berdasarkan kriteria dan indikator yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana daerah telah mencapai tata kepemerintahan yang baik dalam pengelolaan lingkungan perkotaan.
Kirap Adipura yang dihadiri oleh Wakil Bupati Blitar, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah dan Seluruh Kepala SKPD itu ditandai dengan penyerahan Piala Adipura dan WTN kepada masyarakat yang diwakili oleh Camat Wlingi termasuk pemukulan gong oleh Bupati Blitar. Kirap yang diikuti oleh kaum pelajar dan unsur perwakilan pemerintahan yang memakai pakaian jadul mengelilingi Kota Wlingi. (mam/hms)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Dua Tahun Mendatang, Kabupaten Blitar Targetkan Adipura Kencana"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA