Pembudidaya Ikan Lele Kab. Kediri Ke Sukabumi



KEDIRI, SMN - Bank Indonesia Perwakilan Kediri dalam rangka Pengembangan Ekonomi Daerah telah berangkatkan pembudidaya lele kab. Kediri ke Balai Besar Pengembangan Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi-Jawa Barat untuk mengikuti Pelatihan Budidaya lele yang dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 28 Juli 2013.

Kerjasama pengembangan klaster lele di Kabupaten Kediri oleh Bank Indonesia Perwakilan Kediri tertuang dalam Nota Kesepahaman Desember 2012 yang lalu. Dipilihnya komuditas lele dalam program pengembangan klaster lele oleh BI karena lele merupakan salah satu komuditas unggulan perikanan Kabupaten Kediri dimana data produksi tahun 2011 benih lele mencapai 1.823.475.000 ekor dan produksi ikan lele untuk konsumsi mencapai 3.106,516 ton, potensi pengembangan masih mempunyai peluang yang besar (Sumber Data Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri).
12 (dua belas) orang yang diberangkatkan mengikuti pelatihan tersebut adalah 1 (satu) orang PPL, 9 (sembilan) pembudidaya lele dari Kab. Kediri dan 2 (dua) orang pembudidaya lele dari Kabupaten Ponorogo.
Dalam pelatihan tersebut peserta diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pembudidaya di area klaster lele mengenai budidaya dan pengolahan/pembuatan pakan non pabrik, memperoleh teknologi budidaya terbaru yang dapat diterapkan di area klaster untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi budidaya serta pelatihan ini merupakan pembekalan sebagai Training for Trainer, ilmu yang diperoleh dapat disebarkan keanggota klaster yang lain sehingga dapat bermanfaat untuk perkembangan budidaya lele di Kabupaten Kediri.
Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi adalah sebagi Unit Pelaksana Teknis di bidang pengembangan air tawar yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Kementrian Kelautan dan Perikanan yang mempunya tugas melaksanakan pengembangan dan penerapan teknik perbenihan, pembudidayaan, pengelolaan kesehatan ikan dan pelestarian perlindungan budidaya air tawar. (kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pembudidaya Ikan Lele Kab. Kediri Ke Sukabumi"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA