Soal Alih Fungsi Terminal Kebo Iwa, DPRD Gianyar Belum Bersikap



GIANYAR, SMN - DPRD Gianyar belum bersikap soal permohonan alih fungsi terminal Kebo Iwa, yang diajukan oleh Bupati Gianyar untuk pusat kegiatan olahraga atau Sport Center. Padahal, surat permohonan telah diajukan dua kali, oleh mantan bupati Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati maupun Anak Agung Bharata belum lama ini ke dewan. Namun hingga kini, Dewan belum mengeluarkan persetujuan soal alih fungsi terminal tersebut.
Malah DPRD Gianyar menyetujui anggaran penataan terminal Kebo Iwa dalam pengesahaan rancangan APBD 2013. Dalam APBD Gianyar 2013, telah dianggarkan sebesar Rp 4,5 miliar untuk melakukan penataan terminal Kebo Iwa yang mubazir untuk dijadikan pusat kegiatan olahraga.

Berdasarkan data yang dihimpun Minggu (7/7) kemarin, secara formal, permohonan alih fungsi terminal diajukan Bupati Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dengan surat bernomor 551.21/588/AK-Dishubinkom, tertanggal 19 Juli 2010. Dilanjutkan kembali dengan pengajuan permohonan tertanggal 22 Maret 2013, nomor 551.21/221/AK-Dishubinkom, oleh Bupati Anak Agung Bharata.
Dalam surat permohonan itu, Bupati meminta persetujuan DPRD soal alih fungsi terminal Kebo Iwa yang akan dijadikan pusat olahraga (sport center) dalam Kota Gianyar dan untuk sementara waktu, bekas terminal Jata Gianyar akan dimanfaatkan kembali sebagai pangkalan angkutan penumpang umum Kota Gianyar.
Permohonan alih fungsi terminal Kebo Iwa menjadi pusat olahraga berdasarkan fakta kesehariannya. Kawasan terminal dalam lima tahun terakhir banyak digunakan masyarakat Gianyar untuk kegiatan berolahraga. Di samping itu, sejak berdiri tahun 2002, terminal Kebo Iwa memang tidak berfungsi sama sekali. Walaupun telah dilakukan langkah-langkah mengoptimalkan fungsi terminal, faktanya tak ada angkutan umum yang mau masuk ke terminal Kebo Iwa.
Untuk tidak terus menyandang status terminal Kebo Iwa mubazir, perlu dilakukan alih fungsi sebagai tempat berolahraga bagi masyarakat atau sport center sebagaimana yang saat ini dikehendaki oleh masyarakat.
Ketua DPRD Gianyar Drs. I Made Wardana terkait belum disetujuinya alih fungsi terminal Kebo Iwa, karena masih adaya beberapa kajian dalam hal permohonan tersebut. Dalam waktu dekat, Dewan akan kembali sidang untuk membahas permohonan tersebut. Mengingat, Dewan juga sebelumnya menyetujui soal anggaran penataan terminal senilai Rp 4,5 miliar. (wir)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Soal Alih Fungsi Terminal Kebo Iwa, DPRD Gianyar Belum Bersikap"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA