KOTA PARE: Kembali Raih Adipura



KEDIRI, SMN - Apa yang telah dilakukan oleh masyarakat Kota Pare bersama Pemerintah Kabupaten Kediri untuk menjaga kebersihan sekaligus menata keindahan lingkungan rupanya mendapat apresiasi luar biasa dari pemerintah pusat. Ini terbukti dengan dianugerahkan kembali penghargaan Piala Adipura tahun 2013 oleh pemerintah pusat untuk Kota Pare dalam kategori kota kecil, setelah tahun sebelumnya juga dianugerahkan Piala Adipura tahun 2012 bagi Kota Pare.

“Rencananya besok pagi (hari ini, Senin 10/6, red), Bupati Haryanti akan menerima piala Adipura di Jakarta,” ungkap juru bicara Pemkab Kediri Edhi Purwanto, SH., Minggu siang (9/6) kepada wartawan.
Menurut Edhi Purwanto yang juga Plt. Kabag Humas dan Protokol itu, Pemkab Kediri menerima pemberitahuan resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup sesuai surat nomor B-6532/SES/LH/PPM/06/2013 tertanggal 5 Juni 2013 tentang Penghargaan Adipura Kencana dan Adipura.
            Disampaikan Edhi, dengan diraihnya piala Adipura untuk Kota Pare ini Bupati Haryanti menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat yang telah menjaga kebersihan dan keindahan kota sehingga mendapat apresiasi terbaik dari pemerintah pusat.
            “Namun yang terpenting sebagaimana himbauan Bupati Haryanti adalah bahwa perilaku hidup bersih dan sehat inilah yang harus dipertahankan, bukan hanya untuk meraih penghargaan saja,” harap Plt. Kabag Humas dan Protokol Edhi Purwanto.
Program Adipura bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat mewujudkan kota “bersih dan teduh” (clean and green city) dengan menerapkam prinsip-prinsip Good Governance (transparansi, partisipasi dan akuntabilitas) yang bersifat dinamis/ perbaikan terus menerus (continuous improvement). Pelaksanaan penilaian Adipura 2012-2013 dilakukan oleh Tim terpadu dan independen dari unsur-unsur Kementerian Lingkungan Hidup, Pusat PLH Ekoregional Jawa, Perguruan Tinggi, LSM Peduli lingkungan dan Badan Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur.
Selain mendapat penghargaan Piala Adipura untuk Kota Pare, tahun 2013 ini Kabupaten Kediri juga mendapatkan penghargaan Adiwiyata untuk SMPN Gampengrejo. Program Adiwiyata adalah Program Kementerian LH dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah  dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Ujuannya mendorong dan membentuk sekolah-sekolah di Indonesia agar dapat turut melaksanakan upaya-upaya pemerintah menuju pelestarian LH dan pembangunan berkelanjutan bagi generasi yang akan datang. (ed).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "KOTA PARE: Kembali Raih Adipura"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA