Warga Tumbang Anjir Gotong-royong Mempersiapkan Upacara Tiwah



KUALA KURUN, SMN - upacara ritual Tiwah merupakan suatu kewajiban bagi umat Hindu Kaharingan yang ada di Bumi Kalimantan. Tujuan dari dilaksanakannya Upacara Ritual Tiwah untuk menyelamatkan Arwah-arwah orang yang berAgama Himdu Kaharingan, dan mengantarkanya menuju Lewu Tatau dia rumpang tulang isen rundung kamalesu uhat atau lebih dikenal dengan sebutan Sorga.

Menurut keterangan yang disampaikan kepada SMN oleh ketua pelaksana Upacara Ritual Tiwah Maung Bajik, anggota yang melaksanakan Tiwah berjumlah 16 orang, dan Arwah yang di Tiwahkan 31 Arwah terdiri dari 23 Arwah orangtua dan 8 Arwah anak-anak. Persiapan upacara Ritual Tiwah ini dilaksanakan hampir sebulan yang lalu. Dalam pelaksanaan Upacara Tiwah ini sumber dananya berasal dari semua anggota, sampai saat ini bantuan dari pihak lain masih belum ada. Rencana Muluh Gandang-Garantung sudah kesepakatan bersama anggota sekitar tanggal 20 bulan ini, itu kalo tidak ada halangan.
Gandi, salah seorang anggota Tiwah mengatakan dia sangat bangga dan senang bisa ikut juga Meniwah orang tua angkatnya karna Upacara Rirual Tiwah tidak semudah upacara yang lainnya dan memerlukan dana yang cukup banyak tapi demi cinta, kasih dan sayang kepada orang tua hal tersebut tidak jadi masalah.
Menurut Isai Imin, yang juga anggota pelaksana Upacara Ritual Tiwah, Tiwah merupakan warisan turun temurun yang sangat perlu kita pertahankan jangan sampai hilang ditelan Zaman. Bahan-bahan yang digunakan harus sesuai dengan aturan yang diwariskan oleh nenek moyang kita, kalo salah bisa berakibat fatal. (untung)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Warga Tumbang Anjir Gotong-royong Mempersiapkan Upacara Tiwah"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA