Di Tengah Hujan Bupati Tilik Warga Ke Desa Plumbungan



PACITAN, SMN - Jalan licin berlumpur akibat hujan yang mengguyur sepanjang pagi tak menyurutkan ratusan warga desa Plumbungan menuju lapangan desa. Hari ini, Senin (8/6), desa Plumbungan Kecamatan Kebonagung kedatangan tamu istimewa, Bupati Pacitan Indartato.
            Tanah lapang diatas dataran tinggi desa Setempat, menjadi pusat kegiatan Tilik Warga Terpadu Grindulu Mapan. Panggung dan tenda utama berdiri kokoh, meski, tiupan angin disertai hujan terkadang berhembus lumayan kencang. Warga yang datang juga tidak surut. Mereka berteduh ditempat-tempat yang terlindung dari hujan. Sebagian lainya bertahan dilapang terbuka dengan pelindung payung.

Narni seorang ibu muda mengaku, sengaja hadir karena ingin melihat langsung bupati dari dekat. Wajahnya nampak berseri meski titik air hujan kadang menerpa. Sesekali tanganya menyeka rambut yang menutupi pandanganya. Warga yang datang pun larut dalam berbagai hiburan yang ditampilkan, mulai kesenian reyog, tari-tarian, hingga penampilan  penyanyi  orgen tunggal.
Bukan hanya acara seremonial, dalam setiap agenda tilik warga masyarakat juga berkesempatan mendapatkan pelayanan langsung. Mulai layanan kesehatan gratis, layanan administrasi kependudukan hingga sembako murah. Berkah tersendiri bagi warga setempat terutama rumah tangga miskin, menyambut datangnya bulan ramadhan.
Memang jika dilihat dari topografi wilayah, desa Plumbungan kecamatan Kebonagung merupakan daerah yang sulit. Bahkan menurut Kepala Desa Setempat Pradipto, wilayahnya tergolong terpencil. Berada paling selatan di kecamatan Kebonagung dan berbatasan dengan samudera Indonesia. Mayoritas masyarakatnya hidub bertani. Kondisi jalan menuju desa Plumbungan juga mulai rusak ditambah lagi jalan desa yang masih banyak bertanah dan makadam.
Bupati Pacitan Indartao pun mengakui jika keterbatasan anggaran menjadikan kue pembangunan belum mampu mencakup semuanya. Namun demikian pemerintah tetap berusaha memberikan bantuan. Semisal program rabatisasi dengan semen, untuk jalan yang masih tanah atau makadam.Bupati berharap kedepan akan ada peningkatan seiring keberadaan pelabuhan niaga Delon yang saat ini masih dalam taraf pembangunan. Adanya sarana labuh bagi kapal barang tersebut tentu akan berimbas bagi peningkatan ekonomi masyarakat.
Dalam kesempatan itu bupati Indartato menyerahkan berbagai bantuan, seperti, sembako bagi warga miskin, seperangkat komputer dan mesin printer untuk SD setempat, APE bagi taman bermain dan taman kanak-kanak, akte kelahiran serta seperangkat sarana olah raga bola voly untuk kegiatan kepemudaan. Sekali lagi dalam akhir kunjunganya bupati berpesan agar masyarakat hidup rukun menjaga toleransi dan persatuan. Pemerintah ada karena ada rakyat, dan sepantasnya pemerintah dekat untuk melayani rakyat. (yon)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Di Tengah Hujan Bupati Tilik Warga Ke Desa Plumbungan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA