Kurikulum Baru Tahun 2013 Terkendala SDM dan Sarana Buku Pelajaran



BLITAR, SMN - Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Blitar mulai menerapkan kurikulum baru 2013 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara bertahap. Kurikulum tersebut diterapkan pada 3 SMA Negeri, yakni SMAN Garum, SMAN Talun, dan SMAN Kesamben.
Namun demikian, hingga kini pelaksanaanya masih terkendala ketersediaan buku pelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru dan SDM guru. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Blitar, Romelan mengungkapkan,
“Hingga kini dari tiga sekolah pilot project yang sudah melaksanakan kurikulum baru yakni SMAN Garum, SMAN Talun, dan SMAN Kesamben, belum satupun menerima droping buku dari Pemerintah Pusat. Sehingga pembelajaran sendiri terpaksa masih menggunakan buku kurikulum lama. Disamping itu pelaksanaan kurikulum baru juga terkendala SDM guru. Mengingat hingga kini hanya sedikit guru yang sudah mengikuti pelatihan untuk kurikulum baru”.
Kondisi ini tentunya menganggu pembelajaran di sekolah, terlebih siswa masih harus menyesuaikan dengan kurikulum baru yang diterapkan Kementerian Pendidikan. Di Kabupaten Blitar, dari 7 SMA Negeri, baru 3 sekolah yang sudah melaksanakan kurikulum baru, sedangkan 42 SMP Negeri justru belum satupun yang bisa melaksanakan kurikulum baru, demikian juga dengan SMK. Kondisi ini berkaitan dengan bantuan buku yang terbatas dari Pemerintah Pusat. (kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Kurikulum Baru Tahun 2013 Terkendala SDM dan Sarana Buku Pelajaran"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA