Setor Nama dapat Rumah



MALANG, SMN - Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan I dan II di Lingkungan Pemerintahan Kota Malang, Dinas pekerjaan Umum Kota Malang menyiapkan program perumahan murah. Tinggal menyetor nama, para PNS golongan I dan II bisa mengkredit rumah murah tanpa uang muka, Rabu (10/7).
Kepala Dinas PU Kota Malang Dr. Ir. Drs. Jarot Edy Sulistyono, M.Si mengatakan setelah sukses membuat rumah rusun, rumah rehap,
kini Pemkot Malang menyiapkan gebrakan dengan merancang perumahan murah. Perumahan murah yang kini sedang dibahas ini nantinya untuk PNS golongan I dan II di Kota Malang yang belum memiliki rumah. “Tinggal setor nama langsung dapat rumah, nantinya ditempatkan dimana rumah itu sekarang sedang dibahas yang jelas lokasinya sudah ada,’ jelas Edy, Rabu (10/7).
Dengan hanya berpenghasilan gaji pokok sebesar Rp 1.040.000/bulan PNS golongan satu dan dua jelas akan sulit mendapatkan rumah. Karena itu pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan jumlah PNS di golongan dua ini agar bisa mendapatkan rumah murah. “Kami sedang melakukan pendataan PNS golongan I dan II yang masih belum punya rumah. Karena pada dasarnya mereka banyak yang belum punya rumah”, tegas Edy.
Rencananya rumah murah untuk PNS golongan I dan II nanti harganya di bawah Rp 100 Juta. PNS yang berminat tidak perlu uang muka. Cukup membayar cicilan pertama. Besarnya cicilan juga akan disesuaikan dengan kemampuan mereka. “Meski murah rumah yang disiapkan nanti tidak berarti murahan, lokasi rumah nanti strategis dekat tol, bebas banjir dan memiliki view pemandangan yang indah”, terang Jarot.
Meski sudah tahu kriterianya, Jarot mengatakan masih belum tahu alokasi dana untuk proyek ini. Nantinya Dinas PU akan menggandeng kementrian perumahan rakyat (Kemenpera) untuk mensukseskan program.
Selain rumah murah ini, Dinas PU juga menggagas rumah susun sederhaana sewa (Rusunawa) untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Satu twin blok rusunawa  dibangun disekitar GOR Ken Arok. Rencananya ke depan ada lima twin blok rusunawa yang akan dibangung di Kota Malang wilayah timur.
Rencananya bangunan rusunawa nanti akan dibuat mirip dengan hotel melati. Dengan fasilitas taman, pengolahan dan pemilahan sampah dan air bersih. Satu twin blok akan dibangung di atas lahan seluas 400 m2 dengan lima lantai bisa dihuni 55 keluarga atau satu RW. (jun)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Setor Nama dapat Rumah"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA