Tumbuh Kembang Anak Menjadi Tanggung Jawab Semua Pihak



JOMBANG, SMN-Bertempat di Balai Desa Losari Kecamatan Ploso Selasa (26/02/2013)., Wakil Bupati Jombang, Widjono Soeparno membuka acara lomba mewarna tingkat Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Jombang dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Kecamatan Ploso. Acara juga dihadiri oleh Seluruh SKPD terkait, Camat Ploso beserta jajaran Muspika, Kepala Desa beserta perangkat Desa dan seluruh warga.

Pada kesempatan itu, Widjono menyampaikan bahwa, tumbuh kembang anak harus menjadi perhatian kita semua baik Pemerintah, Masyarakat, Orang Tua, Para guru dan seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali. Kita semua harus terus berkomitmen dalam membangun generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia. Komitmen itu harus selalu kita pegang teguh bahwa dalam menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang besar harus dimulai dari pondasi yang kuat yaitu dimulai pada anak usia dini. dan kegiatan ini menjadi penting karena tujuan dari lomba ini tidak lain adalah untuk mengem-bangkan kreatifitas dan meningkatkan kepercayaan diri bagi anak-anak.
Untuk itu, penting bagi kita semua khususnya para orang tua untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan yang tepat kepada anak usia dini agar anak berkembang sesuai talenta, bakat, minat dan dapat tumbuh secara optimal. Dan satu hal yang terpenting adalah anak jangan sampai kehilangan masa pertumbuhannya karena hal-hal yang mengandung traumatic yang diakibatkan oleh orang dewasa. anak juga jangan dipaksa untuk pembelajaran yang bukan proporsinya, harus ada ruang bermain, ruang bereksplorasi dan yang pasti anak harus kita lindungi dan kita sayangi.
Pemerintah Kabupaten Jombang juga sangat respek dan sangat mendukung terwujudnya dan perkembangan pendidikan anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan diapresiasinya Kabupaten Jombang sebagai Kabupaten Layak Anak. dan salah satu pendukung diraihnya Kabupaten Layak Anak ini salah satunya adalah pendidikan anak usia dini. Karena biar bagaimanapun juga dengan adanya pendidikan bagi anak usia dini  akan menjadi kunci yang paling efektif dalam upaya peningkatan sumber daya manusia di masa yang akan datang.
Pembangunan anak dilaksanakan dengan mengacu pada UUD 1945, yang antara lain mengamanatkan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Pemerintah juga telah membuat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Untuk itu, kita harus memberikan perhatian kepada semua anak-anak agar bisa mandiri, disiplin, kreatif, berinisiatif, cerdas, rajin, jujur, lincah bergaul ,beragama, berpendidikan, memiliki moril yang tinggi, dan bermotivasi untuk maju. hal ini ditunjukan pada sifat dan sikap yang muncul sejak usia dini. untuk menunjang itu semua, dibutuhkan 3 kebutuhan pokok anak usia dini yakni gizi dan pemeliharaan kesehatan, kasih sayang dan rasa aman, serta rangsangan sosial.
Dalam kaitan dengan perlindungan anak, banyak juga inovasi yang dilakukan diantaranya pemenuhan hak anak, pemerintah terus memberikan perhatian secara khusus kepada anak-anak, antara lain dengan menggalakkan dan menggiatkan program paud (pendidikan anak usia dini) secara nasional. Melalui gerakan paud-isasi, kita ingin menyiapkan generasi emas dalam menyongsong 100 tahun indonesia merdeka di tahun 2045 mendatang.
Lebih lanjut, Wakil Bupati menyampaikan bahwa tugas kita sebagai orang tua tidaklah semakin ringan terlebih diera global saat ini, kita dituntut untuk memberikan lingkungan sosial, pendidikan, dan tata pergaulan yang ramah bagi anak-anak. dengan cara itu, anak-anak kita dapat tumbuh dan berkem-bang, menyongsong masa depan yang cerah.
Untuk itulah, selain memberikan perhatian pada peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan bagi anak-anak, pemerintah memberi ruang yang lebih besar pada program-program inovatif, yang dapat meningkatkan kecerdasan, kebuga-ran, dan kesejahteraan anak-anak kita. bagaimanapun, anak-anak kita di masa depan dihadapkan pada kompetisi global yang keras. karena itulah, kita dorong anak-anak kita untuk lebih mengenali, mencintai, dan mengembangkan bidang kehidupan yang penting bagi masa depannya, baik itu sains dan teknologi, bisnis dan ekonomi, maupun seni dan budaya, atau cabang-cabang profesi dan bidang kehidupan lainnya.
Kedepan, kita juga ingin lebih banyak lagi anak-anak dan remaja indonesia yang berprestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang olahraga, bidang seni, serta bidang-bidang lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. saya berharap, anak-anak kita dapat berperan dalam menjadi pemimpin dari negara kita yang insya allah akan makin maju, makin unggul, dan makin sejahtera di masa depan.
Selanjutnya, Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa selama beberapa tahun terakhir ini, dalam kaitan dengan anak-anak indonesia, pada hakikatnya pemerintah melaksanakan dua agenda utama, yaitu perlindungan (protection) dan pemberda-yaan (empowerment) bagi anak-anak kita. Dalam hal perlindu-ngan anak, sebagai orang tua kita berkewajiban untuk menjaga dan melindungi anak-anak kita dari berbagai bentuk kejahatan, kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. di samping itu, kita juga terus berupaya agar anak-anak kita tidak ditelantarkan, dan tidak mendapatkan sanksi hukuman yang tidak adil dan tidak tepat. kita juga perlu melindungi mereka dari pergaulan yang tidak baik.
Kita semua juga selayaknya memahami bahwa masa kanak-kanak adalah masa tanam yang sangat subur. kalau ditanam benih kebaikan, kasih sayang, dan benih kemuliaan, akan tumbuh menjadi anak-anak yang berkarakter unggul dan mulia. tetapi sebaliknya, kalau hal-hal itu kita abaikan, maka justru benih-benih kekerasan dan kerusakan yang akan tertanam.
Selanjutnya, kita juga harus memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap penyiapan masa depan anak-anak kita. investasi yang tepat, dan kita lakukan, untuk meningkatkan kualitas anak-anak akan menimbulkan siklus positif. pada periode berikutnya, kualitas kehidupannya akan lebih baik. sebaliknya, mengabaikan kualitas anak-anak akan memuncul-kan siklus negatif. Ini berarti bahwa kualitas kehidupan berikutnya akan suram. hal ini juga berlaku pada tingkat pribadi, keluarga, bahkan bangsa.
Kita juga berkewajiban untuk memenuhi hak anak-anak kita. mari kita rawat dan asuh anak-anak kita dengan penuh kasih sayang dan penuh tanggung jawab, utamanya bagi anak-anak kita yang berada pada usia emas (golden age), dari lahir hingga umur delapan tahun. mari kita tumbuhkan keunggulan anak-anak kita dengan asah, asih, dan asuh, agar mereka tumbuh menjadi insan cerdas, berkepribadian luhur, jujur, berakhlak mulia, santun, dan beretos kerja tinggi. mari kita berikan gizi yang baik dan seimbang, agar fisiknya tumbuh sehat dan kuat, memiliki intelektual yang tinggi, serta memiliki mental yang tangguh, pungkasnya. (bam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Tumbuh Kembang Anak Menjadi Tanggung Jawab Semua Pihak"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA