PUAP di Blongko Bantuan untuk Ketua Klomtan?


Ketua GAPOKTAN

NGANJUK, SMN - Gapoktan Barokah Desa Blongko Kecamatan Ngetos adalah penerima terakhir BLM PUAP [Program Usaha Agribisnis Pedesaan] untuk tahun anggaran 2012 di Kabupaten Nganjuk dan dicairkan pada awal bulan Pebruari 2013. Dana bantuan dari pemerintah sebesar Rp 100 juta tersebut menurut penjelasan ketua gapoktan Aziz dibagikan untuk delapan kelompok tani yang tergabung dalam gapoktan Barokah dengan pembagian untuk kelompok tani Rekso Mulyo yang dipimpinnya mendapat Rp 20 juta demikian juga kelompok tani Tani Makmur yang diketuai oleh Agus kamituwo blongko mendapat Rp 20 juta.

Sedangkan enam kelompok yang lain masing masing Rp 10 juta. Jangka waktu peminjaman adalah selama satu tahun. Dengan rincian membayar jasa yang ditetapkan sebesar 1% per bulan dibayar di depan langsung 12 bulan. Sedangkan pinjaman pokok dibayar pada akhir periode masa pinjam. Khusus untuk dana PUAP ini di Blongko hanya di pinjamkan kepada ketua kelompok tani saja dengan alasan digunakan untuk menebus pupuk. Apalagi untuk meminjam dana PUAP di Gapoktan BAROKAH ini harus ada jaminannya berupa BPKB kendaraan atau sertifikat tanah. Ini sesuai pertemuan dibalai desa yang di hadiri oleh ketua ketua kelompok tani yang tergabung dalam gapoktan Barokah, PPL Masduki, Kades blongko dan perangkat.
Melihat keadaan yang terjadi ini sudah tepatkah sasaran BLM PUAP di Desa Blongko ini? Bukankah BLM PUAP ini ada aturan yang harus dipatuhi sesuai dengan usulan proposal yang di ajukan bahwa sasaran pengguna atau peminjam adalah nama nama anggota yang terlampir dalam proposal? Ataukah memang PUAP ini adalah bantuan yang diperuntukan ketua kelompok tani saja? Bantuan langsung mandiri Program usaha agribisnis pedesaan adalah bantuan modal dari pemerintah melalui kementrian pertanian sebesar Rp 100 juta yang diberikan kepada Gapoktan yang merupakan gabungan kelompok kelompok tani dengan beranggotakan para petani. Bantuan tersebut diharapkan dapat dikembangkan oleh gapoktan untuk dikemudian hari dapat menjadi lembaga keuangan mikro didesa untuk membantu petani mengatasi kesulitan dana untuk bertani. Sehingga ada tercantum didalam proposal setiap anggota hanya dapat meminjam maksimal satu juta rupiah saja. Walaupun kemudian diwakili oleh ketua kelompok tentunya harus disertai dengan berita acara dimana semua anggota sasaran menyetujui.
Namun ketua Gapoktan Barokah Desa Blongko ini menyatakan tidak ada berita acara apapun. sistem peminjaman ini sudah disetujui oleh dinas pertanian. dan ini untuk menyelamatkan supaya dana PUAP ini tidak habis sebab kalau masyarakat tahu bahwa ini dana bantuan pemerintah biasanya sulit untuk mengmbalikan. Jadi ini untuk mengamankan dana PUAP………. bersambung: Dimana jasa yang…[JK/RMB]
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "PUAP di Blongko Bantuan untuk Ketua Klomtan?"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA