Peningkatan Mutu Layanan, Dinas Pendidikan Kota Kediri Mengimplementasikan ISO 9001:2008
Posted in |
KEDIRI,
SMN - Dalam
rangka peningkatan mutu layanan Dinas Pendidikan Kota Kediri kepada masyarakat
pengguna jasa layanannya, Dinas Pendidikan Kota Kediri mengadakan : “Workshop
Pemahaman dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO
9001:2008” pada hari Rabu 20 Pebruari 2013 bertempat di Hotel Lotus Kediri.
Acara ini merupakan langkah awal Dinas
Pendidikan Kota Kediri untuk mengimplementasikan SMM
ISO 9001:2008 yang akan disusul dengan bimbingan-bimbingan Teknis selanjutnya di Dinas
Pendidikan Kota Kediri selama 6 bulan ke depan yang didampingi oleh konsultan
ISO dari Prima Edukasi Consultant sebagai mana disampaikan oleh Kepala Dinas
Pendidikan Kota Kediri Drs. Gunawan Setiyobudi, M.Pd
pada Pembukaan workshop tersebut.
Dalam
Sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri menyatakan bahwa Tantangan
global yang dihadapi dunia tidak dapat dihindari baik dari sektor jasa
pendidikan baik Lembaga Negeri maupun swasta, mau tidak mau semua pihak
dituntut untuk mempersiapkan diri untuk mampu bertahan (survive) dalam
menghadapi kondisi tersebut, Seiring dengan globalisasi ini, standarisasi
manajemen telah menjadi isu utama lebih khusus lagi tentang standarisasi sistem
manajemen mutu.
Untuk itu,
suatu lembaga jasa pendidikan negeri maupun swasta perlu menyiapkan kerangka
sistem mutu lembaganya kearah yang diinginkan sesuai dengan sasaran mutu atau
tujuan akhir yang ditetapkan oleh lembaga tersebut, dalam pengertian bahwa
tujuan atau sasaran mutu dari suatu lembaga mampu mencapai kesesuaian dengan
keinginan yang diharapkan dari pelanggan atau mitra kerja lembaga tersebut. Lebih
lanjut beliau sangat mengharapkan setelah workshop ini agar dilanjutkan dengan Bimtek-bimtek
di Kantor Dinas Pendidikan yang ditargetkan selama 6 bulan, sehingga Dinas
Pendidikan Kota Kediri mampu menjadi Pilot Projec dalam hal mutu layanan kepada
masyarakat.
Selanjutnya
Konsultan ISO Purwadi, M.Pd dari Prima Edukasi Consultant dalam pemaparan
materinya menyatakan salah satu
standard sistem manajemen mutu yang telah berkembang di negara maju dan bahkan
negara berkembang adalah ISO 9001:2008. Standar ini merupakan sarana atau
sebagai alat untuk dapat mencapai tujuan mutu dalam menerapkan Total Quality
Control yang diharapkan mampu menjawab perkembangan globalisasi ini dimana
tujuan akhirnya adalah mencapai efektifitas dan efisiensi suatu lembaga.
Standard ini merupakan salah satu standard yang diakui secara internasional,
yang selanjutnya sudah diimplementasikan di banyak lembaga di Indonesia baik
negeri maupun swasta.
Standard
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 merupakan suatu hal yang dianggap masih
relatif baru di Indonesia. Namun karena tuntutan masyarakat serta kondisi yang
ada nampak perkembangan penerapan standar ini pada organisasi atau lembaga di Indonesia
menujukan angka yang cukup signifikan. Hal ini menunjukan bahwa standarisasi
sudah mulai akrab dan diakui manfaatnya bagi suatu organisasi atau lembaga.
Selanjutnya Purwadi mengatakan bahwa Perkembangan dan kemajuan dunia berdampak pada
meningkatnya permasalahan pada pencapaian kualitas dan kinerja organisasi baik
organisasi swasta, pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan lainnya. Hal ini
dapat terjadi karena kurang adanya kepedulian dan perhatian dari organisasi
tersebut dalam melakukan pekerjaan mereka secara baik dan benar untuk
menciptakan hasil produk atau jasanya sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak
pelanggan mereka. Menurunnya kepercayaan pelanggan atas produk yang dihasilkan
memberikan dampak secara langsung terhadap pencapaian kinerja organisasi
tersebut dan secara tindak langsung kepada pihak-pihak yang terkait dengan
organisasi tersebut (stakeholder).
Untuk dapat
menghindari terjadi permasalahan tersebut diatas, suatu organisasi perlu melakukan
pengendalian atas proses-proses yang dilakukannya untuk mendapatkan hasil yang
sesuai dengan harapan pelanggannya. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan
suatu sistem manajemen yang dapat mengelola dan mengendalikan kualitas proses
dan produk mereka sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan kinerja
organisasi.
ISO
9001:2008 adalah suatu Standar Internasional untuk Sistem Manajemen Mutu yang
diakui secara internasional dan telah digunakan dibanyak organisasi pemerintah
maupun swasta, baik industri pabrikan ataupun layanan jasa pendidikan. Standar
ini digunakan untuk menetapkan dan menyusun suatu Sistem Manajemen Mutu yang
dapat menjamin konsistensi produk atau lulusan yang dihasilkannya dalam tujuan
untuk memenuhi tingkat kepuasan pelanggan yang lebih baik.
Hadir pada Workshop tersebut adalah dari
Dinas Pendidikan Kota Kediri antara lain Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, para
Kepala Bagian, Para Kepala Bidang dan para Kepala Seksi. Sementara dari
Konsultan ISO Prima Edukasi Consultant antara lain Purwadi M.Pd (Konsultan ISO)
Zainal Abidin Al-Floresi,S.Pd.I (Konsultan ISO), Meilani Ambarwati (Administrasi & Arsip),
Avit Abidin (Perencanaan Program), Franki Asmoro (Marketing dan IT).
Facebook :Zainal Abidin Al-Floresi
Email : zainalfloresy@gmail.com
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Peningkatan Mutu Layanan, Dinas Pendidikan Kota Kediri Mengimplementasikan ISO 9001:2008"
Post a Comment