Puting Beliung Rusak Pura di Tabanan



TABANAN, SMN Pura yang rusak akibat musibah puting beliung di Tabanan, bertambah. Hasil pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan, ditemukan empat pura lagi yang rusak diterjang angin, Senin (25/2) pagi. Rata-rata, pura ini mengalami roboh bagian meru dan palinggih. Dengan penambahan ini, total pura yang rusak di Tabanan mencapai enam lokasi.
Empat pura yang rusak masing-masing, Pura Batansari, Banjar Kebayan, Pura Anyar, Banjar Carik Padang, Desa Nyambu, Pura Puseh dan Desa, Banjar Cepaka, Desa Cepaka, Kediri dan Pura Dalem Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan.
Dari keempatnya, kondisi paling parah dialami Pura Puseh dan Desa di Banjar Cepaka, Kediri. Meru timpang pitu setinggi 15 meter roboh, termasuk bangunan padmasana. Kerugian ditaksir mencapai Rp 250 juta.
"Kejadiannya bersamaan dengan puting beliung Senin pagi. Meru yang dibangun tahun 2004 mendadak roboh," kata Bendesa Adat Cepaka, Wayan Sutabrata, yang didampingi Pemangku Puseh, Jro Mangku Gede Tirta, Selasa (26/2) kemarin. Pascakejadian, krama adat menggelar upacara durmangala, sekaligus ngingsiran Ida Batara yang di-linggih-kan ke pepelik sari. Warga dan pemangku juga makemit untuk menjaga pura. Pura yang roboh itu dibangun sekitar tahun 1980, lalu direhab total tahun 2004 silam. Rencananya, warga akan menggelar upacara pralina, lalu dilanjutkan evakuasi bangunan yang roboh.
Robohnya palinggih juga menimpa Pura Batansari, Banjar Kebayan Desa Nyambu. Pura kuno di tengah sawah ini rontok setelah tertimpa pohon juwet yang diterjang angin. Tiga palinggih hancur, masing-masing pesimpangan Dalem Ped, pesimpangan Ratu Made Maik Segara dan pesimpangan Ratu Mas Gede Mecaling. Bangunan yang roboh ini memang sudah berumur tua. Sehingga, ketika tertimpa batang pohon, seluruhnya langsung hancur. Atap palinggih berbahan ijuk langsung hancur. Kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp 100 juta.
Kerusakan bangunan juga dialami Pura Anyar, Banjar Carik Padang Desa Nyambu, Kediri. Pura di atas tebing sungai ini tertimpa dahan pohon beringin di depannya. Beruntung, hanya tembok penyengker yang rontok. Kondisi parah menimpa Pura Dalem Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan. Karena diterjang angin, piasan Pura Mrajapati rontok. Kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta.
Kepala BPBD Tabanan, Gusti Ngurah Made Sucita, menegaskan, hasil pendataan sementara, ada enam pura yang ditemukan rusak. Ada juga 15 rumah di Banjar Samsaman Desa Kukuh, Kerambitan yang rusak, lalu peternakan ayam di Banjar Cekikan Desa Brembeng, Selemadeg. Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, kemarin pagi, secara khusus meninjau pura yang rusak tersebut. Dia memerintahkan BPBD mendata, lalu mengajukan aggaran untuk bantuan bencana. (yud)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Puting Beliung Rusak Pura di Tabanan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA