Bukti Pemerintahan Bupati Amin, Mulai dari Pembangunan Gedung Terpadu Hingga Pendopo Agung



PONOROGO, SMN - Pelan namun pasti pembangunan di Ponorogo mulai menampakkan hasilnya. Dalam waktu kurang lebih dua tahun bupati Amin membuktikan janji-janjinya dulu. Berbagai pembangunan sarana prasarana terus dilakukan demi kemajuan kota reyog Ponorogo. Mulai dari renovasi pendopo, paseban, panggung utama, pembangunan gedung terpadu dan monumen Bantarangin di Sumoroto.

Meski belum sempurna digarap namun pendopo kabupaten Ponorogo kini nampak megah dan mentereng. Begitupun dengan paseban aloon-aloon yang makin nampak elegan dengan tambahan dua bangunan di kanan kirinya. Panggung utama di aloon-aloon yang menjadi pusat kegiatan pesta budaya seperti Grebeg Suro dan Festival Reyog Nasional kini makin representatif.
Dan tak lama lagi Ponorogo akan mempunyai gedung tingkat enam yang tak kalah megah dibanding gedung lantai delapan. Satu hal yang istimewa sebagai seorang pemimpin yang sangat peduli dengan budaya bupati Amin membuktikan komitmennya untuk melestarikan atau nguri-nguri budaya yang ada di Ponorogo. Yakni dengan membangun monumen Bantarangin di Sumoroto yang kini menjadi pusat pagelaran budaya masyarakat setempat. Yakni Grebeg Tutup Sura dan pertunjukkan reyog di malam bulan purnama.
“Saya memang tidak mau banyak bicara namun diam-diam saya terus melakukan terobosan-terobosan untuk pembangunan di Ponorogo. Dan akhirnya masyarakat bisa menilai sendiri bagaimana kinerja saya. Pembangunan berbagai sarana prasarana seperti pendopo, paseban, panggung utama dan yang lainnya kan sudah merupakan bukti bahwa saya tidak tinggal diam namun saya terus berupaya demi kemajuan pembangunan di Ponorogo ini”, ungkap bupati Amin.
Semua pembangunan gedung dan sarana prasarana tersebut diatas tentu tak lepas dari kerja keras dinas Pekerjaan Umum khususnya bidang Cipta Karya. Seperti diungkapkan Ir. Hari Subito, MM kepala dinas PU Ponorogo. “Memang pembangunan berbagai gedung dan pendopo yang saat ini sedang dalam proses finishing leading sektornya adalah dinas Pekerjaan Umum. Kami menyampaikan konsep dan ide kepada bupati setelah di acc baru kami melaksanakannya”, jelas Hari Subito.
Disinggung mengenai pendopo agung yang tampak megah dan mentereng dia mengatakan bahwa masih ada beberapa tahap lagi untuk menyempurnakan perehapan pendopo. “Nanti di atas pendopo itu akan dipasang mahkota, kemudian di sekeliling gamelan akan dipasang pembatas berupa ukiran setinggi 60 sentimeter dan jalan masuk ke pendopo yang mirip tangga akan dipasang semacam pagar untuk pegangan dari bahan besi tempaan dengan motif ukiran. Bila semua sudah selesai nanti saya yakin pendopo agung di Ponorogo akan makin megah”, imbuh Subito.
Direncanakan Oktober nanti pembangunan pendopo Agung akan rampung. Sedangkan pembangunan gedung terpadu saat ini sudah memasuki tahap arsitek dimana dianggarkan akan selesai tahun depan.
Ada lagi satu gebrakan dari pemerintahan bupati Amin yakni renovasi stadion Batoro Katong yang kondisinya memang sudah tidak layak. “Kami memang merencanakan untuk renovasi stadion namun dibutuhkan dana yang sangat tinggi, untuk itu pelaksanannya akan kami lakukan secara bertahap”, terang Hari Subito.
Dia menambahkan untuk renovasi tahap awal lapangan rumput dan sistem dainase akan jadi prioritas utama. Penataan face taman kota disekitar stadion juga menjadi agenda utama dinas PU di tahun 2013 ini. Seperti yang disampaikan kabid Cipta Karya dinas PU Ponorogo Hariono, ST. “Prioritas program kami ditahun 2013 ini adalah penataan face taman kota di lingkungan stadion yang kumuh meliputi trotoar, perbaikan pagar, penghijauan, penataan parkir dan pedagang kaki lima, mulai dari SD hingga kolam renang”, jelas Hariono.
“Semoga apa yang kami rencanakan di tahun ini dapat terealisasi sehingga Ponorogo memiliki stadion yang representatif dengan lingkungan yang asri”, pungkas Hari Subito.
Tentunya masyarakatpun akan dapat menikmati sarana olahraga yang nyaman dan representatif. (tim)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bukti Pemerintahan Bupati Amin, Mulai dari Pembangunan Gedung Terpadu Hingga Pendopo Agung"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA