Ribuan Warga Pacitan Padati Kota Saksikan Lomba Rontek Kolosal



PACITAN, SMN - Ribuan Warga Pacitan Tumplek Blek memadati jalur-jalur protokol. Kemeriahan malam begitu terasa meski bukan hari libur. Hampir semua warga dari segala usia datang untuk menyaksikan lomba rontek antar desa se Kabupaten Pacitan.
Tentu saja, aksi kolosal itu menyita perhatian warga setempat. Sejumlah ruas jalan utama yang menjadi rute kegiatan berubah menjadi lautan manusia. Diantaranya Jalan JA Suprapto-Jl Diponegoro-Jl Basuki Rahmat-Jl Dr Sutomo dan  berakhir di Jl Veteran. Sejumlah aparat kepolisian berseragam lengkap diterjunkan mengatur lalu-lintas.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab pacitan Putatmo Sukandar mengatakan total peserta di atas 35 grup. Tak hanya menampilkan kekompakan dan harmonisasi dalam menabuh kentongan sebagai iringan lagu, para peserta juga berusaha menyita perhatian dewan juri dengan aneka tampilan. Lengkap dengan balutan busana aneka warna, mereka pun sesekali menyajikan tarian khas wilayah masing-masing.
Bupati Pacitan Indartato usai memberangkatkan peserta lomba menyatakan, kegiatan ini untuk memeriahkan hari kemerdekaan serta menghibur masyarakat. Targetnya, menjadikan lomba (rontek) ini sebagai agenda tahunan. Apalagi tradisi semacam ini merupakan bagian dari budaya masyarakat Pacitan.
Ada 2 pos penilaian dewan juri. Yakni di ruas Jl JA Suprapto depan pendopo kabupaten dan Perempaten Penceng. Di 2 titik tersebut masing-masing grup unjuk penampilan selama 10 menit sebelum melanjutkan perjalanan hingga ke garis finish. Kegiatan dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (5/9/2013) mendatang. (yon)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Ribuan Warga Pacitan Padati Kota Saksikan Lomba Rontek Kolosal"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA