Pemkab Probolinggo dan Indonesia Eximbank Tanda Tangani MoU Pembangunan PLTMH



PROBOLINGGO, SMN - Dalam waktu dekat, masyarakat yang berada di Dusun Tunggangan Desa Tiris Kecamatan Tiris akan menikmati aliran listrik dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). PLTMH tersebut terlaksana berkat kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan Indonesia Eximbank.
Rabu (21/8) pagi dilakukan penandatanganan nota kesepakatan dalam bentuk MoU (memorandum of understanding) tentang pembangunan dan peresmian PLTMH antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan Indonesia Eximbank di pringgitan rumah dinas Bupati Probolinggo. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Direktur Utama Indonesia Eximbank I Made Gde Erata.

Hadir dalam penandatangan MoU tersebut Wakil Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Asy’ari, Kepala Bappeda Dewi Korina dan Kabag Kominfo Santoso.
Direktur Utama Indonesia Eximbank I Made Gde Erata pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PLTMH ini merupakan implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesian Eximbank. PLTMH dilakukan dengan harapan sebagai upaya untuk membantu kesejahteraan masyarakat di Dusun Tunggangan Desa Tiris Kecamatan Tiris yang selama ini masih belum bisa menikmati aliran listrik.
“Pembangunan PLTMH ini dilakukan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat. Indonesia Eximbank bersama dengan Yayasan Pola Kebersamaan Kasta Manusia (YPPKM) dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta masyarakat Dusun Tunggangan Desa Tiris Kecamatan Tiris ini bisa terwujud,” ungkapnya.
Menurut I Made Gde Erata, bila nantinya listrik ini menyala maka efek sampingnya diharapkan mampu meningkatkan income masyarakat, home industri dan kehidupan sosial masyarakat di Dusun Tunggangan Desa Tiris Kecamatan Tiris.
Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa terima kasih yang tidak terhingga kepada pihak-pihak yang telah peduli terhadap pemenuhan listrik di Kecamatan Tiris. Oleh karena itu, masyarakat hendaknya bersyukur atas dibangun dan beroperasinya PLTMH tersebut.
“Pembanguan PLTMH ini merupakan langkah menuju upaya besar dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Probolinggo, terutama di Dusun Tunggangan Desa Tiris Kecamatan Tiris,” ungkap Bupati Tantri.
Menurut Bupati Tantri, pembangunan PLTMH ini sangat membantu Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, jika hanya mengandalkan dan menunggu datangnya dana bantuan dari pusat, maka rakyat Kabupaten Probolinggo akan menunggu terlalu lama.
“Saat ini semua desa memang sudah bisa teraliri listrik. Tetapi hingga saat ini masih ada beberapa dusun yang belum mampu teraliri listrik. Hal itu terbentur dengan anggaran yang masih belum ada. Tetapi diupayakan setiap tahun akan diadakan penganggaran pembangunan pembangkit listrik secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran,” jelas Bupati Tantri.
Usai dilakukan penandatanganan MoU di pringgitan rumah dinas Bupati Probolinggo, rombongan Indonesia Eximbank dan Wabup Timbul beserta Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo langsung melakukan peresmian pemanfaatan PLTMH di Dusun Tunggangan Desa Tiris Kecamatan Tiris. Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko disaksikan oleh jajaran direksi Indonesia Eximbank. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pemkab Probolinggo dan Indonesia Eximbank Tanda Tangani MoU Pembangunan PLTMH "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA