Atasi Kekurangan Guru, Dinas Pendidikan Daerah Kab. Blitar Efektifkan Guru Mobile



BLITAR, SMN - Guna mengatasi kekurangan guru di Kab. Blitar utamanya guru SD, untuk sementara Dinas Pendidikan Daerah Kab. Blitar mengefektifkan guru mobile, sambil menunggu proses alih jejang guru yang kini masih dirumuskan, serta turunnya aturan terkait mutasi alih jenjang dari Kementerian Pendidikan.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kab. Blitar, Romelan. Lebih jauh diakui Romelan, mekanisme guru mobile yang sudah mulai berjalan beberapa bulan ini, masih belum bisa dilaksanakan secara maksimal.

Hal tersebut dikarenakan guru mobile yang notabene guru mata pelajaran (mapel) tidak bisa ditempatkan di semua SD, mengingat kebutuhan guru SD terfokus pada guru kelas, sementara guru mobile mayoritas diambilkan dari guru SMP atau SMA yang kekurangan jam mengajar, dimana hal ini terkait pula dengan ketentuan bagi guru yang bersertifikasi, harus memiliki jam mengajar selama 24 jam.
Dari hasil pemetaan Dinas Pendidikan Daerah, kekurangan guru di Kab. Blitar mencapai 1.066 dari total kebutuhan guru 4.067. Untuk mengatasi kekurangan guru tersebut, selain mengefektifkan guru mobile, Dinas Pendidikan kini juga tengah merumuskan program alih jejang guru serta melaksanakan mutasi alih jenjang. Selain itu, saat ini juga direncanakan pembelajaran dengan sistem multigrade, yakni satu guru mengajar secara rangkap untuk 2 kelas. (kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Atasi Kekurangan Guru, Dinas Pendidikan Daerah Kab. Blitar Efektifkan Guru Mobile"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA