Beginikah Mutu JUT di Nganjuk?




NGANJUK, SMN - Untuk tahun anggaran 2013 ini sebagian besar kelompok tani di kabupaten Nganjuk mendapat peogram JUT (jalan usaha tani) dari dana APBD kabupaten nganjuk.Salah satunya adalah kelompok tani Sumber Rejeki desa Sawahan Kecamatan Lengkong yang mendapat jalan usaha tani melalui program penguatan kelembagaan kelompok petani bahan baku untuk industri hasil tembakau(DBH-CHT) dengan besaran dana Rp 90 juta.

Dalam pengerjaannya dilaksanakan secara penunjukan langsung kepada salah satu kontraktor di nganjuk.Ketika suara media nasional melihat di lapangan ternyata dalam pergerjaannya campuran cornya terdiri dari pasir beserta batunya (yaitu batu batu kecil yang ada di pasir)langsung dicampur dengan semen dengan campura n 1:8. Ketika yang mengerjakan di konfirmasi masalah ini menyatakan bahwa memang disuruh mengerjakan demikian.Benarkah secara tehnis campuran cor ini?sebab biasanya untuk campuran cor adalah semen :pasir:krecak bukan semen dan pasir beserta batunya?
Kalau memang RAB nya dalam mengerjakan JUT di sawahan lengkong ini demikian rasanya tak heran bila mutu JUT kurang.Melihat hal ini sungguh sangat disayangkan bila pengerjaan suatu JUT ternyata tidak mengikuti aturan tehnik tetapi dikerjakan asal jadi saja.Sungguh memprihatinkan proyek JUT dari dinas pertanian dan hanya menghamburkan uang negara (uang rakyat) demi meraup keuntungan yang sebesar besarnya secara pribadi.Beranikah dinas pertanian menindak tegas kontraktor yang nakal? (team SMN)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Beginikah Mutu JUT di Nganjuk?"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA