Awal Peringatan HARJABO



BONDOWOSO, SMN - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) ke 194, Pemkab Bondowoso mempersembahkan puluhan acara untuk menghibur seluruh lapisan masyarakat di Kota Tape ini. Acara kegiatan dimulai pada Senin tangghal 19 Agustus sampai Sabtu tanggal 28 September 2013.
Salah satu rangkaian agenda yang dilaksanakan adalah ziarah ke makam Ki Ronggo. Ziarah tersebut dimaksudkan untuk mengenang dan mendoakan figur besar yang dimiliki masyarakat Bondowoso, yaitu Raden Bagus Asra.

Di Astana Raden Bagus Asra, Bupati beserta rombongan mendoakan pendiri Bondowoso itu, Minggu siang (1/9/2013).  Menurut Sekdakab, ziarah ini sebagai bentuk sebuah penghormatan untuk mengenang jasa besar Ki Ronggo terhadap proses terbentuknya Kabupaten Bondowoso.
Ditambahkannya, di Harjabo ke 194 ini, masyarakat Bondowoso dihimbau untuk ikut mendoakan kepada yang telah membabat bumi Bondowoso. “Doa dalam ziarah ini merupakan bentuk rasa syukur atas hari lahirnya Bondowoso yang dibabat oleh Ki Ronggo,” katanya.
Usai ziarah, acara dilanjutkan dengan kegiatan Kirab Harjabo. Dimulai dari depan pendopo Kabupaten, Kirab mengelilingi kawasan kota dilakukan dengan mengendarai kendaraan tradisional dokar. Aksi kirab itu mendapat perhatian warga lantaran yang menaiki dokar adalah Bupati beserta jajarannya.
Pada malam harinya, Gelar Drama Kolosal Babat Bondowoso dan Gelar Singo Ulung Kolosal di alun-alun RBA. Ki ronggo digelar. Ribuan masyarakat memadati lapangan untuk menyaksikan aksi putra-putri Bondowoso yang memerankan kisah sejarah Bondowoso.(yus/tik)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Awal Peringatan HARJABO "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA