Buruh PDP Sumberwadung, Ada Indikasi Jadi Alat Produksi



JEMBER, SMN - PDP Sumberwadung yang terletak di Ds. Harjomulyo Kec. Silo Kab.Jember,Salah satu buruh bernama Sabar menerangkan tidak mengambil THR dikarenakan ada perbedaan tentang masalah bonus, yang mana punya SK mendapat dua kali gaji dan yang tidak punya SK satu kali gaji tidak dapat bonus. Padahal lama kerja, sama-sama puluhan tahun dan kerjanya sama, tidak separo-separo.
Di buku gajian upah buruh 3 Afdeling ada bahasa pekerja los (tetap) yang seharusnya tetap bukan los tetap karena menurut UU tentang ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 disitu tidak ada sebutan Los tetap, yang ada 1 Menurut Ketmin 100 Tahun 2004, seratus hari bekerja terus menerus PKWTT sudah menjadi tetap. Menurut UU No.13 tahun 2003 di pasal 60 dan pasal 63,pasal 60 selama 3 bulan bekerja terus menerus boleh dikatakan dalam masa percobaan.
Dalam pasal 63 sudah berjalan masa percobaan maka perusahaan segera membuatkan SK pengangkatan bagi buruh yang bersangkutan. Tapi kenapa di PDP buruh sudah 10 sampai dengan 27 tahun tidak dibuatkan SK.
            Kalau memang acuannya mendapatkan bonus dua kali gaji persyaratannya harus punya SK tapi perusahaan sendiri tidak membuatkan SK. Menurut ADM Sumberwadung kepada Sabar Ketua Serikat Buruh Merdeka (SBM), Perusahaan tidak mampu. Jika memang perusahaan itu tidak mampu kenapa tidak membuat Surat tertulis kalau tidak mampu. Jangan hanya pembicaraan, bagikan aja PDP ke rakyat lagi. Kalau kondisi seperti ini jadi ada indikasi buruh dibuat produksi dan itu disebut menipu terhadap buruh. padahal jumlah buruh di enam kebun PDP sekitar 3.800 Buruh dan yang punya SK sekitar 500 orang, yang tidak mempunyai SK sekitar 3.300 ini harus gimana… Adalagi 26 Tahun bekerja baru dibuatkan SK pengangkatan, ini pake aturan yang mana…,Tegasnya dengan nada kecewa.
            ADM Sumberwadung saat dikonfirmasi dikantornya tidak ada di tempat. Bersambung…(di2k)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Buruh PDP Sumberwadung, Ada Indikasi Jadi Alat Produksi "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA