Pelatihan Pembuatan Makanan dan Minuman dari Bahan Kedele oleh Dinas Koperindagpar Kab Madiun



MADIUN, SMN - Dalam beberapa hari yang lalu Dinas Koperindagpar Kab. Madiun telah mengadakan pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari bahan kedele yang dibuat bisa menjadi beberapa makanan dan minuman.
Anggota yang ikut dalam pelatihan pembuatan olahan makanan dan minuman dari bahan kedele tersebut terdiri dari beberapa anggota Koperasi petani tembako. Dari masing-masing 5 koperasi mengirimkan 8 anggotanya, antara lain koperasi:
1) Koperasi petani tembako Tani Maju dari Pilangkenceng, 2) Koperasi petani tembako Trijaya dari Sumbergandu, 3) Koperasi petani tembako Damar Mas dari Desa Ngale Kecamatan Pilangkenceng, 4) Koperasi petani tembako Sido Ngawi Makmur dari Kedungrejo Balerejo, dan 5) Koperasi petani tembako Pacinan Mandiri dari Desa Pacinan Balerejo.
Dalam pelaksanaan pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari olahan bahan kedele diikuti oleh 40 anggota pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Setia Budi Jalan Mangga Kota Madiun. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama 3 hari.
Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari bahan olahan kedele adalah: a) Melatih peserta pelatihan agar lebih produktif, mandiri, diharapkan tambah menjadi wirausaha baru di bidang pembuatan makanan dan minuman dari bahan olahan kedele, b) Peningkatan kemampuan pembuatan makanan dan minuman dari bahan olahan kedele
Dalam pelaksanaan pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari olahan bahan kedele dilaksanakan selama 3 hari di hotel Setia Budi jalan Mangga Madiun beberapa hari yang lalu, telah mendatangkan beberapa narasumber dalam pelatihan tersebut diantaranya: 1) Kepala Dinas Koperindagpar: Tontro Pahlawanto, 2) Kabid Koperasi: Amin, 3) Praktisi dari UPT Bojonegoro: UPT Balai Latihan Kerja Kab. Bojonegoro Suhardi, S.Pd
Hasil dari pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari olahan bahan kedele diantaranya: minuman sari kedele, tahu, naget dari ampas kedele, bergedel dari ampas kedele, siomay, dan roti kering, dsb.
Dari masing-masing kelompok anggota koperasi yang ikut dalam pelatihan tersebut telah mendapatkan bantuan (satu) set peralatan untuk pengolahan makan dan minuman dari bahan kedele, antara lain: peralatan mesin pengolah kedele, satu koperasi mendapatkan 2 panci, tungku, timbangan, cetakan tahu, erok-erok, sotel, alat keduk (serok besar), dan saringan tahu (kain kasa)
Harapan dalam pelatihan ini, agar selesai pelatihan selama 3 hari bisa menerapkan dan melaksanakan di rumah dengan baik dan dapat menghasilkan yang maksimal bisa menambah lapangan kerja baru dan menambah pemasukan dalam koperasi dan keluarganya. (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pelatihan Pembuatan Makanan dan Minuman dari Bahan Kedele oleh Dinas Koperindagpar Kab Madiun"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA