Jombang Raih Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya



JOMBANG, SMN - Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Kabupaten Jombang kembali mendapatkan anugerah yaitu Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya. Penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen pemerintah kabupaten dan seluruh stakeholders termasuk masyarakat dalam melindungi hak-hak anak.

Untuk mewujudkan KLA perlu diperkokoh kemitraan pemerintah dengan para pelaku lain yang akan memberikan kontribusi yang unik. Selain itu, melalui kemitraan dan partisipasi ini akan mendorong pemanfaatan segala jalur partisipasi untuk mensejahterahkan dan meningkatkan perlindungan hak anak. Kemitraan yang terbangun dapat saling berintegrasi dan bersinergi menjadi suatu kesatuan yang saling mengisi dan membutuhkan satu dengan lainnya.
Penghargaan tersebut diberikan kepada Wakil Bupati Jombang, Widjono Soeparno, oleh Menteri PP dan PA, Linda Amalia Sari Gumelar di auditorium KH. M. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama Jakarta Pusat, Selasa (23/7) pada acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2013.
Selanjutnya, Linda dalam sambutan ucapan selamat kepada penerima penghargaan, mengatakan bahwa anugerah tersebut diberikan untuk mendorong daerah-daerah lainnya mewujudkan pemenuhan hak anak khususnya melalui pencanangan kabupaten/kota layak anak. Dia menambahkan, hingga saat ini telah 100 lebih kabupaten/kota yang mencanangkan menuju layak anak dan 40 diantaranya bahkan dilakukan secara mandiri. "Artinya ada keinginan dari daerah untuk meningkatkan tumbuh kembang dan perlindungan anak di wilayah masing-masing," katanya.
Sementara itu, Widjono Soeparno, secara terpisah menyambut baik penghargaan ini, kalau tahun lalu untuk kategori pratama kini meningkat ke tingkat madya. "Kemajuan ini tidak luput dari hasil kinerja dan komitmen pemerintah bersama dengan pihak-pihak terkait termasuk masyarakat dalam mewujudkan kabupaten layak anak", terang Widjono.
Kabupaten Layak Anak bukan merupakan program baru tetapi lebih pada strategi untuk mendorong kinerja SKPD agar lebih terintegrasi dalam mengembangkan anak, dan diharapkan untuk lebih memperkuat implementasi Jombang menuju Kabupaten Layak Anak. Disampaikan pula bahwa hak anak yang utama adalah aspek sertifikat, akte kelahiran dan ASI eksklusif. Perlu dipahami bersama keberadaan Forum Anak dalam upaya mewujudkan KLA adalah bagaimana anak-anak dapat menyuarakan aspirasinya dalam tiap kebijakan baik yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah maupun sekolah. Jadi bukan bagaimana memerankan anak di dalam sebuah peran.
KLA adalah kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.
Kepala Badan Pemberdayaan Anak dan KB Kabupaten Jombang, Suparyanto, dalam sambutannya pada acara Jambore Anak yang baru-baru ini dilaksanakan di WTC Wonosalam menyatakan bahwa anak-anak harus menjadi anak yang cerdas dan berkualitas agar bisa menjadi apa yang dicita-citakan. Untuk itu anak harus sehat dengan mengkonsumsi makan-makanan yang Beragam, Bergizi dan Berimbang serta menjauhkan diri dari narkoba. (bam/hms)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Jombang Raih Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA