Puncak Aksi Tanam 1 Miliar Pohon di Kecamatan Bareng



JOMBANG, SMN - Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Jombang terus berkomitmen dan giat  melakukan kegiatan peduli lingkungan yakni  melakukan penanaman. Kali ini melalui kegiatan bertajuk Puncak Aksi  tanam 1 Miliar Pohon yang dicanangkan di Kecamatan Bareng pada (10/01/13) pagi.
Asal tahu saja, bahwa pemanasan global bukan merupakan fenomena alam semata, namun merupakan dampak dari aktivitas manusia yang tidak terkendali yang menyumbang emisi gas rumah kaca (green house gases)  di atmosfer sehingga menyebabkan meningkatnya suhu bumi.

Dampak dari pemanasan global merupakan suatu kenyataan yang telah kita rasakan bersama yaitu dengan terganggunya ekosistem, kondisi cuaca yang ekstrem ,terganggunya system tata air di daerah aliran sungai serta ancaman terjadinya bencana alam seperti banjir,tanah longsor dan kekeringan serta berpengaruh terhadap ketahanan pangan nasional.
Oleh karena itu perlu  tindakan nyata untuk mengatasi adanya pemanasan global tersebut. Salah satu cara agar terhindar dari berbagai dampak pemanasan global adalah dengan melakukan penanaman satu Miliar pohon. Oleh karena itu pada Kamis (10/1/13) bertempat di MTSN Bareng dilaksanakan Pencanangan Puncak Aksi Tanam Satu Miliar Pohon.
Drs H. Widjono Soeparno MSi wakil Bupati Jombang pada pencanangan tersebut  menyampaikan bahwa kerusakan yang terjadi  pada lingkungan adalah akibat ulah dari manusia. Mereka membuang sampah sembarangan,membuang limbah sembarangan, melakukan penebangan pohon seenaknya. “Kita  semua harus  peduli  dengan lingkungan, karena masa depan anak cucu kita ada di tangan kita. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Jombang juga sudah memasukkan kurikulum muatan lokal disekolah sekolah  yaitu kecil menanam dewasa  memanen yang juga sudah disosialisasikan di masyarakat,” ujar Wabup Widjono.
Widjono Soeparno berharap meskipun pada tahun 2012 Kabupaten Jombang mendapatkan penghargaan yang berkaitan dengan penghijauan yaitu Raksaniata dan  IGRA (Indonesian Green Region Award)  dari  Pemerintah Pusat,  tetapi kepedulian kita terhadap penghijauan harus tetap dilakukan. “Kepedulian kita akan menanam harus tetap dilakukan oleh kita semua. Karena saya yakin ini akan dapat mengatasi persoalan persoalan kerusakan lingkungan,” ujarnya.
Widjono Soeparno juga berharap adanya kerja sama semua elemen baik itu masyarakat, ulama, TNI, Polri  serta pemerintah untuk mengatasi permasalahan  kerusakan lingkungan.
Dalam Pencanangan  Puncak Aksi Penananam 1 Miliar Pohon di Kecamatan Bareng tersebut,  Widjono Soeparno Wakil Bupati Jombang  telah  melakukan penanaman  pohon sengon. Kurang lebih ada seribu pohon sengon ditanam pada lahan yang telah disiapkan di MTSN Bareng. Penanaman dilakukan secara bersama sama oleh Wabup Widjono Saoeparno  bersama sama  Muspika Kecamatan Bareng, yang juga diikuti oleh siswa siswi MTSN Bareng. (bam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Puncak Aksi Tanam 1 Miliar Pohon di Kecamatan Bareng"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA