Operasi Lilin dan Cipkon Polres Probolinggo Kota Jaring Ratusan Sepeda Motor



PROBOLINGGO, SMN - Selama digelar Operasi Lilin dan Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) yang dilaksanakan oleh Polres Probolinggo Kota semenjak 23-Desember-2012 s/d 03-Januari-2013 baru-baru ini sedikitnya 300 motor yang tidak sesuai dengan spesifikasi tekhnis (spektek) khususnya motor yang knalpotnya di “brong” dijaring oleh petugas saat gelar Operasi. Motor-motor yang terjaring pada saat operasi semuanya ditilang dan diangkut ke Kantor Sat Lantas Polres Probolinggo Kota untuk diamankan.

Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP. Ariek Indra Sentanu SIK kepada wartawan mengatakan motor yang terjaring dalam Operasi semuanya ditilang, dan motor baru bisa diambil setelah mengikuti sidang di PN. Mereka yang akan mengambil motornya kepada petugas/Polisi harus menunjukkan bukti/surat keterangan dari PN, dan mereka juga harus melengkapi motornya kembali sesuai spektek, kalau motor belum sesuai denghan spektek tidak boleh diambil. Penindakan ini semata-mata sebagai bentuk penertiban dan penegakan hukum agar mereka timbul kesadaran, juga biar ada efek jera, ujarnya.
Karena dengan adanya knalpot motor di brong, ungkap Kasat Lantas lebih lanjut, bunyi kendaraan sangat keras dan sangat mengganggu kenyamanan juga bisa membahayakan keselamatan orang lain juga dirinya sendiri. Motor yang tidak sesuai dengan spektek sangat rawan kecelakaan, ungkapnya.
Kasat Lantas juga mengatakan, mengenai knalpot motor yang di brong ini banyak masyarakat yang komplen, oleh karenanya untuk terciptanya situasi yang nyaman tidak terganggu dengan bunyi knalpot motor yang keras memekakkan telinga serta untuk terciptanya kondusifitas di Kota Probolinggo, operasi kendaraan yang tidak sesuai spektek ini terus berkelanjutan tidak hanya sebatas untuk pengamanan pada saat menjelang Natal dan tahun baru saja, terangnya
Bahkan bilamana petugas mengetahui motor yang knalpotnya brong atau tidak sesuai dengan spektek sedang melintas harus ditindak, walaupun tidak saat gelar operasi, dan terkait masalah ini tidak ada toleransi, tegas Kasat Lantas.
Data yang dihimpun SPB dari Satlantas Polres Probolinggo Kota jumlah tindakan selama digelar Operasi Lilin dan Operasi Cipta Kondisi mulai 23-Desember-2012 hingga 03-Januari2013 sebanyak 338 tindakan, dengan rincian: pelanggaran R2 sebanyak 165 unit, pelanggaran STNK 27, pelanggaran SIM 5 dan teguran sebanyak 141. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Operasi Lilin dan Cipkon Polres Probolinggo Kota Jaring Ratusan Sepeda Motor"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA