Setelah Sengketa Terkondisikan, JLS Pacitan Siap Dilanjutkan


            Pacitan, SMNSetelah alami banyak kendala dari proses pembebasan lahan dan polemik antar warga, akhirnya Pengerjaan Jalan Lintas Selatan JLS di wilayah Kabupaten Pacitan dipastikan segera dilanjutkan. Ini menyusul selesainya pembebasan lahan di Desa Jetak Kecamatan Tulakan.
Kepastian itu disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) JLS Pacitan, Agus Sutanto. Menurutnya, proyek nasional tersebut sudah melewati masa tender dan saat ini tinggal menunggu tanda tangan kontrak.
Setelah tahapan tersebut terlewati, pekerjaan segera dimulai. Ini meliputi seluruh bagian, mulai badan jalan hingga fasilitas pendukung lainnya.
Agus mengungkapkan, setelah proses pembebasan lahan selesai, pihaknya segera akan menandatangani kontrak dengan pelaksana untuk kemudian memulai pengerjaan. Hanya saja, sesuai permintaan warga, pelaksanaan pengerjaan kemungkinan besar baru akan dimulai setelah tanggal 12 April nanti."Insyaallah tanggal 13 April mulai pengukuran dan selanjutnya akan mulai dilakukan pengerjaan. Kalau untuk pembebasannya saya kurang tahu, itu urusannya pemkab," ujarnya.
Lebih lanjut Agus menjelaskan, tahapan selanjutnya setelah pengukuran adalah penggalian dan penimbunan. Hal itu dilakukan lantaran kondisi tanah pada ruas jalan sepanjang 2,5 kilometer tersebut didominasi tanjakan dan turunan. Sesuai rencana, proses pengerjaan hingga pengaspalan direncanakan selesai pada Desember 2012.
Sementara itu, menyusul dicapainya kesepakatan antara warga masyarakat Dusun Godeg Wetan Desa Jetak dengan pemerintah daerah terkait dimulainya proyek, ratusan warga menggelar tasyakuran. Kegiatan yang diselenggarakan di rumah kepala dusun setempat, merupakan wujud sukacita atas terurainya kebuntuan selama 4 tahun terakhir menyangkut pembebasan lahan.
Marjuki, tokoh masyarakat Desa Jetak mengatakan, kesepakatan yang dicapai diharapkan menjadi jalan terbaik mengakhiri polemik ganti rugi yang tidak kunjung selesai. Warga berharap, keberadaan jalan nasional itu nantinya membawa kesejahteraan bagi masyarakat.
Disamping itu, Bupati Pacitan Indartato menyampaikan terima kasih kepada warga yang merelakan tanahnya untuk pembangunan JLS, karena pada dasarnya jalan damailah yang terbaik. Artinya, masyarakat telah ikut berperan terhadap upaya memajukan daerah mereka. Sebab, selama ini belum adanya akses transportasi yang memadai menjadi kendala utama mengungkit sektor ekonomi di Pacitan, jelas Wakil Bupati Pacitan, Prayitno di ruang kerjanya.
Selanjutnya, orang nomor satu di Pacitan itu juga minta dukungan semua pihak agar pelaksanaannya lancar dan selesai tepat waktu. Sebab, sesuai target proyek JLS di Pacitan dijadwalkan selesai seluruhnya akhir tahun ini. Jelasnya pula.
Sementara itu Kepala Bidang Pembangunan Dinas PU Bina Marga Jatim, Herry  Budianto, mengatakan, “Berbeda dengan tujuh daerah lain yang dilalui proyek Jalan Lintas Selatan (JLS), Kabupaten Pacitan justru mendapatkan alokasi dana khusus dari APBN pemerintah pusat. Jika tujuh daerah, yaitu Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek mendapatkan alokasi APBN Rp 140 miliar tahun 2009 ini, Kabupaten Pacitan yang hanya satu daerah mendapatkan dana sama senilai Rp 140 miliar.
"Pembangunan JLS di tujuh kabupaten selain Pacitan baru sebatas pembangunan bahu jalan dan pembangunan jembatan tetapi belum diaspal. Sedangkan pembangunan JLS di Pacitan sampai pada tahap pengaspalan", jelasnya.
Dengan alokasi dana yang besar, pembangunan JLS di Kabupaten Pacitan ditargetkan tuntas tahun 2010. Sementara itu, pembangunan JLS di tujuh kabupaten lainnya masih berlangsung lama karena terkendala dana dan pembebasan lahan hutan.
Di Kabupaten Pacitan sendiri, panjang Jalan Lintas Selatan yang dibangun mencapai 90 kilometer lebih. Ruas itu membentang antara perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah hingga sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek. Saat ini fokus pekerjaan meliputi ruas jalan sepanjang 30 kilometer antara Kota Pacitan hingga Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo. (Jon)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Setelah Sengketa Terkondisikan, JLS Pacitan Siap Dilanjutkan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA