Pelaksanaan Pelayanan e-KTP yang Terbaik Dikompetisikan


            Bondowoso, SMN - Bupati Bondowoso Drs.H.Amin Said Husni beserta wakil Bupati H.Haris Sonhaji St. M.M meresmikan launding penerapan kartu tanda penduduk Elektronik.(e.KTP). Program e.KTP yang siap di laksanakan secara serentak di 23 kecamatan di pendopo Kabupaten.
Acara rtersebut di hadiri oleh jajaran muspidaplus,anggota DPRD,seluruh kepala Satker, pihak perbankan, BUMD, seluruh kepala desa/lurah dan camat, PKK Dharma wanita juga perwakilan dari pondok pesantren,juga di hadiri tim dari ke mantrian dalam Negri dan Biro pemerintahan propinsi jawa timur.

Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukpencapil) kabupaten Bondowoso, Achmad Prajitno mengatakan target akan di rampungkan untuk pembuatan e.KTP, yakni kepada 691.850 jiwa penduduk kota Bondowoso.
Selain itu Pemkab Bondowoso meluncurkan sistem informasi Administrasi kependudukan (SIAK)online berbasis jaringan Wireless.sistem ini merupakan solusi dari keterbatasan biaya,sekaligus merupakan salah satu wujud pelayanan publik kata mantan kabag hukum ini.
Sementara itu Bupati menjelaskan,untuk program e-KTP akan dikompetisikan di Bondowoso pelaksanaan program e-KTP di Bondowoso akan di kompetisikan untuk mengetahui desa dan kecamatan mana saja yang terbaik melaksanakan program tersebut.
Program e-KTP dilengkapi dengan Biometrik dan CHIP, yang berbasis nomer induk kependudukan nasional, CHIP dalam KTP memuat sejumlah data penting, diantaranya biodata. foto, sidik jari, retina mata, dan tanda tangan digital, selam untuk terbit administrasi, penerapan e-KTP juga menjadi tanda indintitas diri berlaku secara nasional serta mencegah tindak pidana pemalsuan tangkasnya.
Selain sebagai alat inditifikasi diri yang bisa di tunjukkan dengan cepat,biometrik juga berguna untuk autentifikasi dan mencegah pemalsuan data dan pemalsuan dokumen ganda,serta mempunyai sistem pengamanan data yang independen.
Sementara itu CHIP yang di tanam dalam e-KTP berfungsi untuk penyimpanan data penduduk yang bisa di baca secara elekronik dengan alat tertentu (Card reader) di mana saja.
NIK dalam e-KTP berlaku seumur hidup terdiri atas digit yang memuat kode wilayah (provinsi kabupaten kota dan kecamatan) tanggal lahir dan nomer urut.
Saat ini seluruh perangkat sudah distribusikan ke tiap-tiap kecamatan-kecamatan saya menghimbau kepada seluruh pihak kecamatan, Desa/lurah agar segera meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan pemutakhiran data e-KTP ini“, jelas Bupati.
Kalau program e-KTP sudah berjalan,maka tidak akan ada lagi KTP ganda. KTP warga yang menual nanti akan di tukar dengan e-KTP secara gratis, pihaknya bersama dispenduduk capil telah melakukan sosialisasi keseluruh warga melalui kades bahkan tenaga Sdmnya sudah di siapkan jauh sebelumnya.
      Sehingga pada 2013 mendatang tinggal klik saja sudah jalan jelas Bupati Amin. Dan Bupati memberikan apresiasi khusus pada camat yang sukses menerapkan e-KTP “Saya akan memberikan Teward pada camat yang sukses menerapkan e-KTP dan saya juga akan memberikan penghargaan pada kades yang sukses mengelola e.KTP imbunya”.. (yusi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pelaksanaan Pelayanan e-KTP yang Terbaik Dikompetisikan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA