Pemkab Madiun Terus Berupaya Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat


          Madiun, SMN - Melaksanakan tugas pelayanan kesehatan merupakan kegiatan yang mulia. Memaknai arti kemuliaan ini semua kebijakan daerah dalam program pembangunan dan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan menjadi prioritas Bupati dan semua diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menuju Visi Kabupaten Madiun sejahtera tahun 2013.
Demikian Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos dalam mengawali sambutannya pada acara pelantikan pengurus PPNI (Persatauan Perawat Nasional Indonesia) Kabupaten Madiun pereode 2011-2016, dan Sosialisasi Jamkesmas,Jampersal serta penyerahan kartu Jampersal di Pemdopo Muda Graha (Senin 23 April 2012).
Pelantikan PPNI dan sosialisasi jampersal serta penyampaian secara simbolis kartu jampersal kepada ibu hamil yang diwakili oleh ibu warga masyarakat desa Jiwan, Kaibon, Wungu, Sawahan dan Kecamatan Madiun , dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda , Kepala SKPD ,Camat , bidan sert para perawat kesehatan Kabupaten Madiun .
Lebih lanjut dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat diantaranya melalui pembangunan fasilitas kesehatan, meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit daerah di Caruban dan Dolopo, peningkatan mutu pelayanan dan manajemen serta pengadaan obat obatan dan makanan tambahan bagi balita kurang gizi serta pelayanan pengobatan dasar di Puskesmas secara Cuma Cuma bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Madiun dan terus memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat miskin. Dibidang kesehatan menurunkan prevalensi gizi buruk menjadi 0.4% dan gizi kurang menjadi 5%, menurunkan angka kematian ibu melahirkan sebesar 59/ 100.000 kelahiran hidup dan kematian bayi sebesar 7,5/ 1.000 kelahiran hidup pada akhir tahun 2013. Guna memenuhi sasaran tersebut  kata Bupati , khususnya program penurunan angka kematian ibu melahirkan dan bayi melalui program jampersal perlu terus disosialisasikan dan ditingkatkan penangannya .
Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas kesehatan  Aries Noegroho HS.M.Kes dalam laporannya menyampaikan bahwa sejak tahun 2011 pemeritah memberikan jaminan pembiayaan kepada seluruh ibu hamil mulai dari pemeriksaan kehamilan , melahirkan termasuk resiko persalinan, setelah melahirkan termasuk pelayanan bayinya, serta untuk pelayanan keluarga berencana. Hasil yang dicapai sangat menggembirakan dimana penyerapan anggaran dari alokasi sebesar Rp 1.951.644.000,- telah dimanfaatkan oleh masyarakat sebesar 1.348.490.000,- atau sebesar 69,1% yang pelaksanaan program secara efektif mulai bulan Juli 2011 atau selama  6 bulan.
Keberhasilan pelaksanaan cakupan program jampersal dari indicator kesehatan pemeriksaan kehamilan K1 = 96,1%/ 1,4% , pemeriksaan kehamilan K-4 = 88,7%/ 1,1% , da, Komplikasi kebidanan yang ditangani = 78,7%/ 19,7% .  Disamping itu persalinan oleh tenaga kesehatan = 95,5%/ 0,3% , pelayanan ibu nifas = 95%/ 0,8% .
Pada acara pelantikan PPNI dan sosialisasi Jampersal dan Jamkesmas serta penyerahan kartu Jampersal dimeriahkan dengan hiburan lawak kondan Kirun CS dengan mengambil tema Perawat dan Bidan orang yang hebat sabar dan mulia. (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pemkab Madiun Terus Berupaya Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA