Minim Konsumsi Ikan, Canangkan GEMARIKAN


        Ponorogo, SMN - Kekurangan gizi bagi masyarakat Ponorogo adalah hal yang sangat perlu diperhatikan khususnya anak-anak yang berada dalam taraf pertumbuhan,karena banyak sekali masyarakat Ponorogo ini yang masih kekurangan gizi terutama ikan yang mengandung omega3 yang berguna mencerdaskan otak manusia. Pasalnya kemarin 25/4/2012 Hjh Sulastri Amin ketua Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Ponorogo yang didampingi bupati dan dihadiri oleh kepala dinas serta muspika dan segenap masyarakat Ponorogo meresmikan tempat pelelangan ikan” Los Pasar Ikan. ”Dan pencanangan GEMAR IKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang bertempat di desa sambit kabupaten Ponorogo. 
            Ikan bukan daging yang dimaksud ikan yaitu hewan yang hidup di air tawar dan laut. ikan yang ada di air tawar lele,nila, gurami,patin, kutuk dsb. sedangkan ikan yang ada di air laut , tongkol,tuna,dorang,layur,kakap merah dsb.sedangkan daging itu daging lembu,kambing, ayam dsb. Ikan proteinnya lebih tinggi dibanding dengan daging. “Masyarakat baik anak-anak maupun yang sudah dewasa sebaiknya banyak-banyak mengkonsumsi ikan karena ikan banyak mengandung protein omega3 yang bisa membuat cerdas otak manusia”, ujar H Amin.
          Oleh karena itulah untuk melindungi habitat ikan agar bisa berkembang biak dengan baik ,maka kita keluarkan Perda tentang pelarangan meracun dan menyetrum ikan. tegas H Amin bupati Ponorogo 25/4/2012.Masih pada tempat yang sama , menurut Hj sulastri Amin, minimnya konsumsi ikan bukan semata disebabkan soal pendapatan namun lebih pada kesadaran masyarakat. Apalagi banyak keluarga yang menganggap bahwa daging ayam itu juga ikan. Akibatnya mereka memilih daging ayam dibandingkan ikan laut atau air tawar.Padahal nutrisi ikan jauh lebih tinggi.”daging ayam itu bukan ikan,jadi jangan disamakan.”ujar Sulastri Amin yang kemarin ikut hadir dalam pasar ikan disambit 25/4/2012.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pertanian Ponorogo Harmanto mengutarakan maksud dan tujuan diadakannya pelelangan ikan yang berbentuk los pasar ikan yaitu untuk menampung hasil ikan dari petani ikan yang ada di wilayah kabupaten Ponorogo. Menurut survey setiap petani ikan rata-rata mempunyai 3-4 kolam ikan. Adapun hasil panen dari tiap kolam rata-rata 4 s/d 6 kwintal ikan segar.Di kabupaten ada 4500 kolam ikan. Sedangkan konsumsi ikan untuk masyarakat Ponorogo masih kurang, satu keluarga rata-rata hanya mengkonsumsi 12 kg pertahun padahal angka idealnya minimal 20kg pertahun. Jika dibandingkan dengan daerah lain masih kurang. Oleh karena itu dengan adanya los pasar ikan ini kami berharap, ”warga akan mudah mendapatkan ikan guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ikan yang banyak mengandung omega3 yang bisa membuat cerdas otak manusia”, pungkasnya. (wid)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Minim Konsumsi Ikan, Canangkan GEMARIKAN"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA