Penderita TB Masih Tinggi Meski Pengobatannya Gratis


           Jombang, SMN - Hari TB (tuberculosis) dunia yang diperingati setiap tanggal 24 Maret, di Kabupaten Jombang peringatan tersebut dilaksanakan pada(20/4). Meski terlambat, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang tetap memperingati dengan menggelar acara jalan sehat dan sebar brosur / leaflet. 
Kepala Dinkes Jombang, dr.Heri Wibowo,M.Kes menegaskan, pihaknya akan menggelar peringatan hari TB di Mayangan Jogoroto. Peringatan ini diprakarsai Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Jombang yang didukung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.  "Kita agendakan jalan sehat bersama dan sebar brosur untuk menggugah kepedulian masyarakat tentang bahaya tuberculosis," ujarnya.
Dinas Kesehatan selaku leading sektor di bidang pelayanan kesehatan telah memberikan jaminan bagi penderita tuberculosis. "Pemerintah telah menggaratiskan biaya pengobatan TB, itu berlaku di setiap puskesmas," kata Heri. Menurutnya, penggratisan itu bentuk dukungan pemerintah menganggulangi penyakit TB. Di sisi lain, pemerintah menggunakan strategi khusus untuk menekan jumlah penderita TB yakni dengan DOT atau Directly Observe Threatment.
"Jika batuk lebih dari 2 minggu, maka ada kemungkinan penderita terserang TB, jika mendapat penanganan tepat maka TB bisa cepat disembuhkan dengan penanganan cepat atau DOT tersebut," tambah Heri. Dengan nada serius, Heri menghimbau kepada masyarakat untuk peduli terhadap penyakit ini, mengingat kasus TB di Jombang meningkat cukup signifikan setiap tahunnya.
"Begitu batuk dan tak reda-reda, langsung periksakan di puskesmas terdekat, kami akan berupaya menekan laju pertambahan penderita TB sebisa mungkin, agar tak ada lagi masyarakat yang terjangkit," tambah Heri. Pada punack peringatan Hari TB sedunia di Jogoroto  dimeriahkan dengan parade drum band TK ABA dan jalan sehat yang dibuka oleh Wakil Bupati Jombang. (Puji)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Penderita TB Masih Tinggi Meski Pengobatannya Gratis"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA