Puting Beliung Hajar 4 Desa, Bupati Turun Langsung


Situbondo, SMN
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto langsung turun ke lapangan, menyusul terjadinya puting beliung di empat desa, Kamis (13/1/2011). Ribuan rumah di dua kecamatan, Sumbermalang dan Jatibanteng, rusak berat.
Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi Situbondo mencatat, 1293 unit rumah rusak. Sebanyak 1.143 rumah di antaranya berada di sembilan desa di wilayah Kecamatan Sumbermalang, yakni Desa Kalirejo, Baderan, Alastengah, Taman, Sumberargo, Plalangan, Taman Sari, Taman kursi, dan Desa Tlogosari. Sementara 150 unit rumah sisanya berada di Desa Pategalan Kecamatan Jatibanteng.

Desa Alastengah di Kecamatan Sumbermalang mengalami kerusakan paling parah. Sebanyak 117 warga harus mengungsi ke sebuah gedung sekolah, karena rumah mereka rata dengan tanah. Maklumlah, sebagian besar rumah itu semi permanen. Bupati Dadang Wigiarto menginstruksikan kepada Satlak PBP untuk segera mendirikan dapur umum. "Jangan sampai ada yang kelaparan," katanya.
Satlak menyediakan lima kuintal beras, 40 kilogram telur, 20 kardus mi instan, ikan asin, dan lain-lain untuk keperluan dapur umum. Namun distribusi nasi bungkus agak susah, karena lokasi korban terpencar. Tiap keluarga juga memeroleh lima kilogram beras. Dadang juga sudah meminta kepada PLN agar bisa menyalakan listrik yang padam. Ia juga sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Tanggap Bencana.
Aparat Kepolisian Resor Situbondo sudah menurunkan 150 orang personil ke lokasi bencana. Sementara Kodim 0823 menerjunkan 60 orang personil. Mereka semua membantu warga untuk memperbaiki rumah. (hud/ed)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Puting Beliung Hajar 4 Desa, Bupati Turun Langsung"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA