Lomba WTN Masuki Tahap III


Tulungagung, SMN
Lomba Wahana Tata Nugraha memasuki tahap yang ketiga, di mana pada tahap ini tim dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang diketuai oleh Ir. Djamal Subastian, M.Sc, menyampaikan hasil penilaian kondisi lalu lintas dan angkutan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Pemaparan yang dilakukan hari ini, Kamis (13/01), disambut langsung oleh Bupati Ir. Heru Tjahjono, MM, dan dihadiri oleh jajaran Muspida dan instansi-instansi pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Ir. Djamal Subastian, M.Sc, dalam paparannya, menyampaikan bahwa kondisi sarana dan prasarana lalu lintas di Tulungagung pada umumnya sudah cukup baik jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya. Namun, masih ditemukan beberapa kekurangan di beberapa titik, antara lain: 1) Pembinaan terhadap angkutan tidak bermotor (becak) yang seharusnya dilengkapi dengan lampu atau reflektor cahaya dan tidak menggunakan trotoar sebagai pangkalan. 2) Kelengkapan keterangan trayek yang melintas pada halte. 3) Masih dijumpai pengemudi roda dua, terutama anak-anak, yang tidak mengenakan helm. 4) Kondisi trotoar yang kurang memadai. 5) Perawatan rambu lalu lintas.
“Kondisi trotoar di Tulungagung kurang rata, banyak yang naik dan turun, sehingga membuat pejalan kaki lebih memilih berjalan di jalan raya daripada di trotoar,” ujar Ir. Djamal Subastian, M.Sc.
Menanggapi hasil evaluasi tersebut, Bupati Ir. Heru Tjahjono, MM, berjanji akan melakukan tindak lanjut. “Kami sudah mencoba mencari solusinya dengan membenahi trotoar di seputaran alun-alun Tulungagung,” ungkap beliau.
Perlu diketahui, Piala WTN adalah Piala Presiden Republik Indonesia yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia kepada daerah kabupaten/kota peserta yang dalam penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dengan indikator paling baik. Adapun jenis penghargaan Wahana Tata Nugraha yaitu Piala WTN, Piala WTN Kencana, Piala WTN Wira Karya, Piala WTN Wiratama, Piala WTN Kategori Lalu Lintas dan Kategori Angkutan.
             Pada tahun 2009, Kabupaten Tulungagung mengikuti lomba WTN yang kesembilan kalinya dan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KP. 266 Tahun 2010 tentang Pemberian Penghargaan Penyerahan Piala Wahana Tata Nugraha Tahun 2009 Kabupaten Tulungagung kembali mendapatkan piala WTN untuk kategori kota kecil. Pada tahun 2010 Kabupaten Tulungagung kembali mengikuti lomba WTN untuk kategori kota sedang dan diharapkan untuk dapat mempertahankan Piala Wahana Tata Nugraha. (dian)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Lomba WTN Masuki Tahap III"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA