Berangkat Dari Komitmen Untuk Membangun Jombang yang Sejahtera


Bupati Jombang
Jombang, SMN
Istilah ekonomi kerakyatan sudah lama dipahami sebagai ekonomi yang berpihak kepada rakyat. Mungkin yang dimaksudkan adalah rakyat miskin. Jadi, ekonomi kerakyatan adalah paham ekonomi yang berpihak kepada rakyat miskin. Dalam konteks ini, tampaknya istilah ekonomi kerakyatan sengaja digunakan sebagai tandingan atas ekonomi yang dipersepsikan tidak/kurang berpihak kepada rakyat miskin.

Pro-poor growth sengaja dirancang untuk memberikan kesempatan lebih banyak bagi masyarakat miskin untuk terlibat dan menikmati hasil pembangunan. Caranya dengan melibatkan masyarakat miskin dalam kegiatan ekonomi, agar mereka mendapatkan manfaat dari kegiatan ekonomi. Selain itu, kebijakan ini memerlukan dukungan politik yang kuat karena biasanya menyangkut sektor publik yang menyedot dana besar seperti bidang pendidikan, kesehatan, keluarga berencana, akses kredit atau modal, dan promosi UKM.
Isu inilah yang menjadikan dasar pada penayangan acara Dialog Khusus di Stasiun Televisi JTV di Surabaya hari Kamis tanggal 6 Januari 2011. Pada kesempatan itu, Bupati Jombang, Drs. H. Suyanto, MMA. sebagai narasumber utama disamping ada pembicara dari praktisi Universitas Airlangga, Achmad Room Fitrianto, memberikan beberapa ulasan mengenai program-program pemerintah Kabupaten Jombang yang mendukung pertumbuhan ekonomi, sesuai dengan tema yaitu “Membangun Ekonomi Jombang Berbasis Kerakyatan”.
Lebih lanjut, Achmad Room Fitrianto, mengatakan bahwa beberapa penghargaan yang diraih, diantaranya penghargaan JPIP yang didalamnya mendapatkan grand kategori dalam pertumbuhan ekonomi dinilai merupakan bukti keberhasilan daerah dalam meningkatkan ekonominya. Peningkatan ini didukung oleh sebagian besar sektor pertanian yang menjadi tulang punggung perekonomian di Kabupaten Jombang yang didalamnya sudah mencakup pemberdayaan masyarakat. Daerah tidak usah tergiur dengan sektor industri, perdagangan, perhotelan dan lain-lain karena harus disesuaikan dengan kondisi eksisting daerah bersangkutan.
Bupati Jombang, Drs. H. Suyanto, MMA., menambahkan bahwa keberhasilan ini berangkat dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Kabupaten Jombang, hal ini tidak lepas dari kondisi masyarakat yang sebagian besar pertanian. Pemerintah mendukung seluruh program pembangunan yang mengarah pada ekonomi kerakyatan.
Acara penanyangan Dialog Khusus ini disiarkan langsung mulai pukul 18.00 sampai dengan 19.00 WIB di studio khusus yang dirancang mengarah pada background jalan raya dan kegiatan sebagian masyarakat. (Puji)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Berangkat Dari Komitmen Untuk Membangun Jombang yang Sejahtera"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA