Gelar POPDES Se-Kecamatan Ploso Tahun 2011


Pelaksanaan POPDES
Jombang, SMN
Di era reformasi ini, transparansi dan keterbukaan atas proses pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sangat penting sekali. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang sejelas-jelasnya dan demi terwujudnya pemerintahan yang akuntabel.

Adapun akuntabilitas kegiatan pemerintahan dan pembangunan ini diperlukan oleh masyarakat sebagai kontrol terhadap Pemerintah selaku pengemban tugas pelayanan dan pengayom masyarakat, demi terwujudnya tujuan jangka panjang Pemerintah untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good goverment dan clean goverment)
Untuk itu perlu adanya dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, yang memahami tugas-tugasnya sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat dan mampu melaksanakannya dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab mulai dari Pemerintah Pusat sampai dengan Pemerintah Desa.
Sedangkan Abdi Negara dan Abdi Masyarakat yang baik perlu didukung dengan skill dan kemampuan yang memadai disamping sikap dan perilaku (attitude) yang baik dan bisa dijadikan suri tauladan di masyarakat. Dengan kemampuan, keahlian dan perilaku yang baik diharapkan tugas-tugas pelayanan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal.
Sehubungan dengan telah selesainya proses pengisian Perangkat Desa Tahap I dan II di Kecamatan Ploso, yang menghasilkan 43 Perangkat Desa yang baru perlu diberikan pembekalan secara teknis untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugasnya dimasa yang akan datang. Sehingga pelaksanaan urusan-urusan pemerintahan menjadi lebih baik, pelayanan masyarakat menjadi maksimal dan kegiatan pembangunan menjadi lebih meningkat.
Dasar pelaksanaan kegiatan ini : 1) Surat  permohonan dari Perangkat Desa yang baru kepada Kepala Desa. 2) Surat permohonan dari Kepala Desa kepada Camat Ploso tentang permohonan pembekalan Perangkat Desa. 3) Hasil rapat koordinasi Camat, BKAD dan Kepala Desa tanggal 22 Desember 2010 tentang Persiapan Pembekalan Perangkat Desa. 4) Surat Ketua BKAD Kecamatan Ploso kepada Kepala Desa tentang Pemberitahuan pelaksanaan Pekan Orientasi dan Pembekalan Perangkat Desa (POPDES).
Kegiatan Pekan Orientasi dan Pembekalan Perangkat Desa (POPDES) di Kecamatan Ploso, dimaksudkan untuk : 1) memberikan wawasan pengetahuan kepada Perangkat Desa yang baru tentang tugas pokok fungsinya. 2) Meningkatkan sikap kedisiplinan, loyalitas dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehari-hari. 3) Meningkatkan kemampuan dan keahlian kepada Perangkat Desa sebagai pelayan masyarakat di Kecamatan Ploso.
Adapun tujuan yang diharapkan dengan adanya kegiatan Pekan Orientasi dan Pembekalan Perangkat Desa adalah 1) Terwujudnya Perangkat Desa yang mempunyai pengetahuan, kemampuan, dedikasi dan loyalitas yang baik kepada organisasi, pimpinan dan tugas-tugasnya. 2) Terwujudnya performance/kinerja Perangkat Desa yang baik dan disiplin.
Kegiatan Pekan Orientasi dan Pembekalan Perangkat Desa (POPDES) dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai tanggal 10-15 Januari 2011 bertempat di SMK PGRI Ploso.
Biaya kegiatan Pekan Orientasi dan Pembekalan Perangkat Desa (POPDES) bersumber dari bantuan Pemerintah Desa (APBDes). Adapun peserta Kegiatan Pekan Orientasi dan Pembekalan Perangkat Desa (POPDES) adalah Perangkat Desa hasil proses pengisian Perangkat Desa Tahap I dan II DI Kecamatan Ploso sejumlah 43 orang dengan rincian : 38 orang laki-laki dan 5 orang perempuan yang terdiri dari 21 orang Kepala Dusun, 7 orang Kaur Pemerintahan, 3 orang Kaur Pembangunan, 3 orang Kaur Keuangan, 5 orang Kaur Kesra , 4 orang Kaur Umum
Materi yang diberikan meliputi Materi Pelajaran : 1) Kepemimpinan (Bupati Jombang), 2) Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD), 3) Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA), 4) Pemerintahan Umum dan Desa (Bag. Adm. Pemerintahan), 5) Administrasi Keuangan Desa (DPPKAD), 6) Pelayanan Publik/Umum (Bag. Organisasi), 7) Penyusunan Produk Hukum Desa (Bag. Hukum), 8) Pengawasan (Inspektorat), 9) Linmas dan Penanganan Bencana Alam (Kesbangpollinmas), 10) Orientasi Kepamong-Prajaan (Camat Ploso), 11) Kamtibmas (Polsek Ploso), 12) Administrasi Umum (Sekcam).
Materi Lapangan : 1) PBB (Koramil), 2) Olahraga (Polsek dan Koramil), 3) Outbond (Tim). Model pembelajaran : 1) Pelajaran di kelas, 2) Latihan Lapangan, 3) Bermalam, 4) Praktek (Magang di Kecamatan). (Puji/HMS)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Gelar POPDES Se-Kecamatan Ploso Tahun 2011"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA